Advertisement

Agroteknologi UMY Kembali Latih Peternak Ulat Sutra Samia Memanajemen Populasi di Penangkaran

Media Digital
Sabtu, 01 Mei 2021 - 14:37 WIB
Budi Cahyana
Agroteknologi UMY Kembali Latih Peternak Ulat Sutra Samia Memanajemen Populasi di Penangkaran Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Laboratorium Proteksi Tanaman UMY, 3 April 2021. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Setelah sukses pada kerjasama sebelumnya, Departemen Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali memberikan pelatihan perbanyakan ulat sutera kepada kelompok usaha Jamtra Massa melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang dipimpin oleh Dr. Ihsan Nurkomar dan Dina Wahyu Trisnawati, Ph.D.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini berlangsung di Laboratorium Proteksi Tanaman UMY, 3 April 2021.

Advertisement

Pada kesempatan kali ini, sebagai upaya berkelanjutan untuk meningkatkan keefektifan perbanyakan serangga, kegiatan penyuluhan dan pelatihan dilakukan dalam bentuk manajemen populasi serangga melalui modifikasi siklus hidup.

Ihsan, selaku pelaksana pengabdian mengungkapkan bahwa selama ini para peternak merasa kewalahan ketika jumlah ulat yang dipelihara terlalu banyak. Dengan adanya kegiatan ini, jumlah populasi harian ulat sutra untuk kepentingan perbanyakan dapat diatur jumlahnya. Hal ini berimplikasi pada ketersediaan tenaga dan juga pakan yang perlu diberikan setiap hari. Dengan adanya manajemen populasi ini, kebutuhan jumlah serangga sebagai bahan baku ulat sutra juga akan dapat dikendalikan.

“Kami berharap kerjasama ini terus berlanjut. Selain menambah wawasan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dalam industri, kegiatan ini juga memfasilitasi kami dalam menyediakan sarana dan prasarana yang dapat digunakan dalam perbanyakan ulat sutra yang telah kita lakukan selama ini,” tutur Yunianto Hargo Nugroho selaku ketua kelompok usaha Jamtra Mas. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Pembangunan ITF Bawuran Capai 40 Persen, Pemkab Optimis Rampung Mei 2024

Bantul
| Kamis, 25 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

The Tortured Poets Departement, Album Baru Taylor Swift Melampaui 1 Miliar Streaming di Spotify

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement