KKN UMY Dampingi Pasien Isoman Puskesmas Pandak 1

Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Puskesmas Pandak Bantul menggelar pelatihan pendampingan masyarakat yang menjalani isolasi mandiri covid-19. Kegiatan diikuti 30 orang tenaga kesehatan di Puskesmas Pandak 1. - Istimewa
28 April 2021 11:22 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Puskesmas Pandak Bantul menggelar pelatihan pendampingan masyarakat yang menjalani isolasi mandiri covid-19. Kegiatan diikuti 30 orang tenaga kesehatan di Puskesmas Pandak 1.

Penanggungjawab program pengabdian sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. dr Warih Andan Puspitosari, M.Sc., Sp.KJ(K), dosen Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY mengatakan kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan akan memberikan solusi bagi permasalahan melalui pelatihan pendampingan psikologis kepada penyintas covid-19 yang menjalani isolasi mandiri.

“Petugas kesehatan di Puskesmas Pandak 1 mendapatkan pengetahuan tentang psikologis penyintas covid-19 yang menjalani isolasi mandiri dan keterampilan komunikasi terapeutik yang dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari dalam mendampingi penyintas covid-19 yang menjalani isolasi mandiri,” katanya.

Pemantauan terhadap pasien COVID-19 yang sedang isoman dilakukan menggunakan media daring untuk membatasi tatap muka dan risiko pemaparan infeksi COVID-19. Media yang digunakan melalui Zoom, chat, telepon, atau video call.

“Pelaksanaan pemantauan berjalan lancar dengan masing-masing anggota mengemban tanggung jawab untuk satu orang pasien isoman. Pemantauan dilakukan rutin setiap harinya, lalu dilaporkan ke dalam satu borang yang dievaluasi oleh Puskesmas Pandak 1,” tambahnya.

Kegiatan KKN tematik kedokteran kelompok 06 di Puskesmas Pandak 1 dengan menjalankan berbagai program seperti, pendampingan pasien isoman COVID-19, melakukan edukasi kesehatan mengenai COVID-19 dan protokol kesehatan, screening kesehatan mental terhadap remaja di posyandu remaja, serta pelatihan kepada tenaga kesehatan untuk pendampingan psikososial. (ADV)