KKN UMY Beri Pelatihan Manajemen Stres

Santri Panti Asuhan Mekar Melati Dusun Sidorejo, Desa Sendangrejo, Kecamatan Minggir, Sleman mendapatkan pelatihan Peningkatan Keterampilan Manajemen Stres dari Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN/PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).
28 April 2021 12:37 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Santri Panti Asuhan Mekar Melati Dusun Sidorejo, Desa Sendangrejo, Kecamatan Minggir, Sleman mendapatkan pelatihan Peningkatan Keterampilan Manajemen Stres dari  Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Ketua program pengabdian, Dr. dr. Warih Andan Puspitosari, M.Sc., Sp.KJ(K), dosen Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY mengatakan kegiatan diikuti pembina serta pendamping panti asuhan mekar melati berjumlah 10 orang. Diharapkan peserta memahami cara mengatasi permasalahan melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan managemen stres.

“Kegiatan di laksanakan selama 2 hari yaitu sabtu – minggu pada tanggal 6-7 Februari 2021, penyampaian materi di berikan secara daring melalui zoom. Peserta dan mahasiswa berkumpul di aula untuk mengikuti sesi materi,” katanya.

Pesertan pelatihan adalah 30 orang. Pelatihan dilaksanakan secara online melalui media zoom dengan narasumber Psikiater dan Dosen UMY Dr. dr. Warih Andan Puspitosari, M.Sc., Sp.KJ(K) dan Shanti Wardaningsih, Ns. M.Kep, Sp.Jiwa, Ph.D. Usai pelatihan dilakukan praktek managemen stres yang sehat dan positif selama 1 minggu dan dievaluasi

“Berbagai program kerja cukup baik terlaksana dan memperoleh bantuan berupa donasi dari berbagai kalangan masyarakat sekitar dan melalui media massa, yang sepenuhnya digunakan demi menujang kemajuan dan akreditasi Panti Asuhan Mekar Melati Minggir. Program kerja yang diterapkan di panti asuhan tersebut sudah melalui berbagai pertimbangan, yang diperoleh dari hasil observasi hari pertama dan kedua,” pungkasnya.

Kegiatan KKN yang lain meliputi pendampingan pengelolaan panti asuhan, inisiasi pembuatan perpustaan mini, program literasi buku, peningkatan ketahanan pangan anak panti dengan budidaya sayur hidroponik dan budidaya lele. (ADV)