Advertisement

KKN UMY Tingkatkan Pemahaman Lansia tentang Hipertensi & Diabetes Melitus

Media Digital
Sabtu, 24 April 2021 - 13:17 WIB
Budi Cahyana
KKN UMY Tingkatkan Pemahaman Lansia tentang Hipertensi & Diabetes Melitus Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammaduyah Yogyakarta (UMY) meningkatkan pemahaman lansia mengenai penyakit hipertensi dan diabetes melitus sebagai comorbid Covid-19 di wilayah kerja Puskesmas Bantul 2. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammaduyah Yogyakarta (UMY) meningkatkan pemahaman lansia mengenai penyakit hipertensi dan diabetes melitus sebagai comorbid Covid-19 di wilayah kerja Puskesmas Bantul 2.

KKN tersebut dibimbing Hidayatul Kurniawati, dosen Prodi Pendidikan Dokter  Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY dan berlangsung di Posyandu Lansia di Dusun Kadibeso Sabdodadi Bantul, Sabtu , 27 Februari. Kegiatan diikuti 23 lansia.

Advertisement

“Tujuan kami adalah ,eningkatkan pemahaman lansia mengenai penyakit hipertensi dan diabetes melitus,” kata Hidayatul.

Bersama kelompok KKN tematik kesehatan kelompok 9 UMY 2021 dilakukan kegiatan penyuluhan dan skrining penyakit tidak menular yang dapat menjadi komordid COVID-19. Kegiatan dilakukan secara luring di posyandu Dusun Kadibeso Sabdodadi Bantul dengan protokol kesehatan. Kegiatan ini meliputi pendataan awal terkait identitas dan riwayat penyakit, pemeriksaan antropometri, pemeriksaan gula darah dan tekanan darah. Peserta juga diberikan materi mengenai penyakit tidak menular yaitu hipertensi dan diabetes melitus. Untuk menilai pemahaman peserta dilakukan pretest dan postest. Di akhir acara dilakukan pembagian sembako dan masker.

“Kepala dusun kadibeso menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan tersebut karena dapat memberikan manfaat bagi lansia di Dusun Kadibeso Sabdodadi Bantul,” ujar Hidayatul. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Perkuat Empat Pilar Kalurahan Untuk Kembangkan Pariwisata Berbasis Masyarakat

Sleman
| Jum'at, 26 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Lima Kdrama yang Dinanti pada 2025

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 21:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement