Advertisement

KKN Tematik UMY Tingkatkan Peran Puskesmas dalam Dampingi Pasien Isoman di Kasihan Bantul

Media Digital
Sabtu, 17 April 2021 - 22:27 WIB
Budi Cahyana
KKN Tematik UMY Tingkatkan Peran Puskesmas dalam Dampingi Pasien Isoman di Kasihan Bantul Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar Program KKN Tematik Kesehatan Upaya Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Pencegahan Penularan Covid 19 dan Optimalisasi Adaptasi Kebiasaan Baru di Puskesmas Kasihan II Bantul. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar Program KKN Tematik Kesehatan Upaya Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Pencegahan Penularan Covid 19 dan Optimalisasi Adaptasi Kebiasaan Baru di Puskesmas Kasihan II Bantul.

KKN tersebut berlangsung di bawah bimbingan dr. Alfaina Wahyuni, Sp.OG., M.Kes., dosen Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY. KKN tematik berlangsung di Puskesmas Kasihan II Bantul dan diikuti masyarakat sekitar, khususnya pasien yang sedang dalam masa isolasi mandiri (isoman), masyarakat usia lanjut yang memiliki komorbid dan  kader kesehatan di Puskemas Kasihan II.

Advertisement

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran Puskesmas dalam pendampingan dan pemantauan pasien yang sedang dalam masa isoman, meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat terkait kesehatan dan adaptasi kehidupan baru selama masa pandemi COVID-19, mengetahui risiko-risiko komorbid pada pasien lanjut usia serta melatih kader kesehatan masyarakat, terutama dalam edukasi tentang program vaksinasi COVID-19 agar dapat menjadi perantara yang baik dalam mengedukasi masyarakat,” kata Alfaina.

Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam program ini, antara lain: pendampingan dan pemantauan berbasis IT yang ditujukan bagi pasien yang sedang dalam masa isoman, penyaluran obat-oabatan bagi pasien yang sedang dalam masa isoman, pelatihan kader kesehatan masyarakat, edukasi kesehatan dengan menggunakan beberapa media berupa poster tentang adaptasi kehidupan baru selama masa pandemi, dan leaflet tentang diabetes melitus dan hipertensi. Untuk sosialisasi bagi pasien yang sedang dalam masa isoman dilakukan secara daring, sedangkan bagi pasien lanjut usia dilakukan secara luring. Di akhir kegiatan ada pemberian buku saku Paska Sembuh Covid bagi penyintas COVID-19. Kegiatan tersebut didampingi oleh dr Alfaina Wahyuni, Sp.OG., M.Kes selaku penanggung jawab kegiatan yang juga dosen Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UMY.

“Kegiatan Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM)  ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Tim KKN dalam melakukan pendampingan, pemantauan, dan penyaluran obat bagi pasien ISOMAN, edukasi dan penyuluhan kepada warga, serta skrining penyakit penyerta pada pasien lansia disambut antusias oleh masyarakat. Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan KKN Tematik Kesehatan kelompok 23 dapat disimpulkan bahwa pendampingan, pemantauan dan edukasi berjalan dengan cukup efektif, sehingga dapat membantu meningkatkan peran Puskesmas dalam melayani pasien COVID-19 maupun terhadap pasien lansia. Hal ini juga ditunjang dengan adanya waktu konseling dan edukasi, baik secara lisan, maupun dengan media,” ujar Alfaina. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Takjil Tradisional di Pasar Ramadan Kauman Jogja

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 15:12 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement