Advertisement

Kedokteran UMY Beri Penyuluhan Pencegahan Stunting untuk Penduduk Guwosari

Media Digital
Sabtu, 17 April 2021 - 23:07 WIB
Budi Cahyana
Kedokteran UMY Beri Penyuluhan Pencegahan Stunting untuk Penduduk Guwosari Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Kalurahan Guwosari Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul berupa penyuluhan pencegahan Stunting Melalui Penguatan Partisipasi Masyarakat. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Kalurahan Guwosari Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul berupa penyuluhan pencegahan Stunting Melalui Penguatan Partisipasi Masyarakat.

PKM dengan ketua Dr.dr. Wiwik Kusumawati, M.Kes, dosen Prodi Kedokteran untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu kader PKK, ibu balita dan remaja putri dalam mengenali stunting dan melakukan deteksi dini terhadap kejadian stunting terhadap anak-anak mereka maupun balita di lingkungan mereka di Desa Guwosari Pajangan Bantul.

Advertisement

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan metode penyuluhan kepada ibu-ibu kader kesehatan Kalurahan Guwosari Pajangan Bantul. Narasumber terdiri dari Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan yang menjelaskan pencegahan stunting dari masa pre dan selama kehamilan dan Dokter Spesialis Anak yang menjelaskan pencegahan stunting pada masa bayi dan balita.”

“Sebelum mendengarkan pemaparan para peserta mengisi pretest dan setelah pemaparan mereka mengisi postest untuk mengukur peningkatan pengetahuan peserta mengenai stunting dan pencegahannya.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat, yaitu dengan skrining suhu badan bagi semua peserta, mencuci tangan, mengenakan masker dan menjaga jarak selama kegiatan berlangsung.”

Sementara itu para peserta mengaku senang karena medapatkan pengetahuan dari para narasumber yang sangat interaktif dan jelas dalam menerangkan stunting dan pencegahannya serta berkesempatan untuk diskusi langsung dengan para pakar Kebidanan dan Kandungan serta pakar Kesehatan Anak.

Lurah setempat mengapresiasi tim pengabdian masyarakat Prodi Kedokteran UMY yang sudah bekerja sama dengan pihak Kalurahan Guwosari yang merupakan lokus stunting di wilayah Kabupaten Bantul untuk memberikan penyuluhan kepada kader kesehatan Kalurahan Guwosari. Diharapkan setelah kegiatan ini, kejadian stunting di wilayah ini dapat menurun.

“Kegiatan pengabdian masyarakat telah selesai dilaksanakan dengan lancar dan sukses serta partisipasi masyarakat yang tinggi dalam pelaksanaannya.” (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Komplotan Spesialis Pengganjal ATM di Gerai Ritel Modern Ditangkap Polresta Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Giliran Jogja! Event Seru Supermusic Superstar Intimate Session Janji Hadirkan Morfem

Hiburan
| Jum'at, 26 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement