Advertisement

KKN UMY Dampingi UMKM Rengginang dan Slondok untuk Manfaatkan Teknologi Informasi

Media Digital
Sabtu, 17 April 2021 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
KKN UMY Dampingi UMKM Rengginang dan Slondok untuk Manfaatkan Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Desa Cokro, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang dan UMKM Rengginang dan UMKM Slondok. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANGUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Desa Cokro, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang dan UMKM Rengginang dan UMKM Slondok.

Kegiatan dengan dosen pembimbing Ahmad Zaki, dosen Teknik Sipil Fakultas Tekni UMY itu melakukan bimbingan dan pendampingan kepada UMKM Rengginang dan Slondok dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai media pemasaran produk

Advertisement

“Tim KKN Kelompok 016 mengedukasi kepada sejumlah UMKM yang bergerak di bidang kuliner yaitu UMKM slondok Dua Udang dan Rengginang Sri Rejeki yang tepatnya berada di Desa Cokro, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang,” kata Ahmad Zaki,S.T., M.Sc., Ph.D.

Dia menjelaskan hasil observasi yang dilakukan tim KKN terhadap UMKM yang akan kita didampingi, ternyata UMKM masih minim dengan teknologi informasi, dimana UMKM Rengginang masih belum memiliki label brand untuk dipromosikan, sedangkan UMKM Slondok masih menggunakan pemasaran dari mulut ke mulut.

Karena itu, dalam edukasi dan pendampingan yang dilakukan, langkah selanjutnya yaitu pemasaran hasil produk melalui media pemasaran dengan menggunakan teknologi yang berkembang saat ini yaitu melalui media sosial.

Tim KKN menjalankan serangkaian proses sehingga tampilan produk menarik untuk dipasarkan melalui media sosial, mulai dari pemotretan produk, memberikan panduan terkait langkah-langkah meningkatkan pemasaran melalui media sosial, seperti Shoppe, Instagram, dan Website.

Selain itu, pada UMKM Rengginang tim KKN membuat dan mencetak label produk terbaru agar UMKM tersebut memiliki sebuah brand baru untuk dipasarkan. Dan tim KKN membantu membuatkan media promosi yang lainnya yaitu pemasangan plang di setiap lokasi produksi UMKM tersebut.

“Alhamdulillah sambutan, antusiasme, dan dukungan dari mitra KKN IT 016 yaitu UMKM Rengginang dan UMKM Slondok. Mereka menyambut baik bimbingan dan pendampingan pemasaran produk melalui media sosial. UMKM menjadi terberdayakan dan berterimakasih kepada kelompok KKN IT 016 karena mampu menyelesaikan sebagian besar permasalahan dan memberikan solusi kepada UMKM meningkatkan pemasaran produk di masa pandemi ini dengan pemanfaataan teknologi informasi.

Ahmad Zaki menambahkan Kegiatan KKN 016 UMY selama kurang lebih satu bulan, akan di follow up melalui proses pendampingan UMKM seperti proses ke BPOM dan sertifikat Halal MUI. “InsyaAllah juga akan di-follow up dengan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat UMY di Desa Cokro, Grabag, Magelang.” (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Soimah Pancawati Masuk Radar Calon Bupati Bantul, PDIP Akan Sodorkan Formulir

Bantul
| Jum'at, 19 April 2024, 18:32 WIB

Advertisement

alt

Siap-Siap! Ini Jadwal dan Cara Ikut War Tiket Konser Sheila on 7

Hiburan
| Kamis, 18 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement