Advertisement

UMY Beri Penyuluhan Cegah Kanker Payudara di Galur Kulonprogo

Media Digital
Jum'at, 16 April 2021 - 22:37 WIB
Budi Cahyana
UMY Beri Penyuluhan Cegah Kanker Payudara di Galur Kulonprogo Tim Prodi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berupa penyuluhan pencegahan kanker payudara. Kegiatan yang diketuai dr Nur Hayati, Med.Ed, SpRad, dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY diikuti oleh 50 ibu kader kesehatan Desa Tirtorahayu, Galur, Kabupaten Kulonprogo pada 27 Maret 2021. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Tim Prodi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berupa penyuluhan pencegahan kanker payudara. Kegiatan yang diketuai dr Nur Hayati, Med.Ed, SpRad, dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY diikuti oleh 50 ibu kader kesehatan Desa Tirtorahayu, Galur, Kabupaten Kulonprogo pada 27 Maret 2021.

dr Nur Hayati menjelaskan seluruh peserta memperoleh kesempatan untuk melakukan pemeriksaan fisik dan ultrasonografi untuk skrining adanya kelainan payudara.

Advertisement

Peserta yang diketahui ada kelainan di payudara selanjutnya dirujuk ke PPK 1 untuk mendapatkan penatalaksanaan yang dibutuhkan.

“Kegiatan meliputi penyuluhan mengenai kanker payudara dan cara-cara pencegahannya, dengan narasumber Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan. Kegiatan penyuluhan ini dilanjutkan dengan praktek SADARI (Periksa Payudara Sendiri) yang dibimbing langsung oleh narasumber dan SADANIS (Periksa Payudara Klinis).

SADANIS dilaksanakan bekerjasama dengan RSU Rizki Amalia Medika Lendah Kulon Progo,” ungkap dr Nur Hayati, Med.Ed, SpRad.

Sementara peserta merasa sangat senang dengan kegiatan ini karena dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mengenai pencegahan kanker payudara dan memndapatkan kesempatan pemeriksaan payudara secara gratis di rumah sakit. Bahkan Lurah setempat memberi apresiasi tinggi terhadap kegiatan pengabdian masyarakat karena para dosen dari FKIK UMY dapat membagikan pengetahuan kepada masyarakat di wilayah desa Tirtorahayu. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 27 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Giliran Jogja! Event Seru Supermusic Superstar Intimate Session Janji Hadirkan Morfem

Hiburan
| Jum'at, 26 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement