KKN UMY Tingkatkan Kesadaran Masyarakat terhadap Covid-19

Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Puskesmas Imogiri 1 Bantul, meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Covid-19 melalui protokol kesehatan yang sesuai. - Istimewa
31 Maret 2021 13:57 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Puskesmas Imogiri 1 Bantul, meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Covid-19 melalui protokol kesehatan yang sesuai.

“Kami Memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran pentingnya mematuhi protokol kesehatan kepada masyarakat yang tidak pernah, pernah dan sedang terkena Covid - 19 mengenai protokol kesehatan. Berupaya membuat produk yang mudah diterima masyarakat dalam menyadari pelaksanaan protokol kesehatan di masa pandemi ini,” kata Ivanna Beru Brahmana, dosen Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesahatan UMY yang menjadi dosen pembimbing lapangan.

KKN UMY di Puskesmas Imogiri 1 berlangsung pada 10 Februari sampai dengan 10 Maret 2021 dan melibatkan 66 warga masyarakat di sekitar puskesman.

Terdapat beberapa program kegiatan yang dilakukan pada saat Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter FKIK UMY di Puskesmas Imogiri 1 ini. Salah satu kegiatan yang diupayakan bisa terus digunakan dalam peningkatan kesadaran pelaksanaan protokol kesehatan saat ini adalah dengan pembuatan iklan layanan masyarakat berupa audio protokol kesehatan yang bertema “Protokol Kesehatan Dan Meluruskan Stigma Negatif COVID-19”. Dengan adanya audio ini diharapkan masyarakat tetap taat menerapkan protokol kesehatan dan menghapus stigma negatif tentang COVID – 19 di masyarakat. Audio dengan durasi 02.01 menit ini menghimbau masyarakat bahwa COVID - 19 bukan merupakan aib, bisa dicegah dengan menerapkan protokol kesehatan: memakai masker menutupi hidung, dagu, dan mulut, mencuci tangan dengan sabun secara berkala, mengurangi aktifitas di luar rumah, menghindari kerumunan, melakukan pola hidup sehat dan bersih, serta mengonsumsi makanan bernutrisi.

Masyarakat dihimbau berkata jujur apabila menemui atau mengalami gejela: demam, batuk, sesak nafas, dan hilang penciuman, dan segera menghubungi fasilitas kesehatan terdekat. Pemutaran audio dilakukan di media iklan layanan masyarakat yakni di mobil puskesmas keliling saat berada di ruang tunggu pendaftaran di puskesmas, di tempat yang bayak penjual, dll. Himbauan tersebut diharapkan dapat menggerakkan masyarakat yang mengalami gejala yang disebutkan tadi tidak takut untuk berkonsultasi ke tempat pelayanan kesehatan, dan semakin patuh menerapkan protokol kesehatan karena Covid 19 bisa dicegah penularannya. Demikian disampaikan oleh Naufal Hanif Amrulloh selaku ketua kelompok 12 KKN UMY, bersama 5 teman sekelompok yaitu: Desma Ayu Lestari, Ayu Laksmi Salsabila, Rizky Aprilia Kusumawardhani, Fitri Khoirunnisa, dan Ravikha Aprilia Ganarsih, dengan Dosen Pembimbing Lapangan Ivanna Beru Brahmana Dalam mengisi seluruh kegiatan KKN, para mahasiswa mendapat dukungan penuh dari tenaga kesehatan Puskesmas Imogiri 1 yang dikepalai oleh Florentina Sita Murti, dan pendamping selama KKN Ibu Christayesha. Dengan demikian kegiatan KKN dapat berjalan dengan lancar.

“Dengan adanya audio protokol kesehatan yang dibuat oleh adik-adik mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Kelompok 12 ini semoga masyarakat tetap patuh melaksanakan protokol kesehatan, tidak jenuh ataupun bosan, tetap bersabar, dan tidak takut menyampaikan pada tenaga kesehatan apabila terdapat keluhan yang berisiko ke arah infeksi Covid-19. Audio ini saya rasa sangat bermanfaat untuk masyarakat wilayah Puskesmas Imogiri 1,” kata Kepala Puskesmas Imogiri 1 Florentina Sita Murti. (ADV)