Advertisement

LP3M UMY Adakan Pengabdian Kolaborasi Luar Negeri, Berdayakan Petani Ketundan Pakis Magelang

Media Digital
Jum'at, 26 Maret 2021 - 11:52 WIB
Budi Cahyana
LP3M UMY Adakan Pengabdian Kolaborasi Luar Negeri, Berdayakan Petani Ketundan Pakis Magelang LP3M UMY berkolaborasi dengan Universitas Muhammadiyah Magelang dan lembaga luar negeri Vital Strategies melaksanakan program Pemberdayaan Petani Multikultur Melalui Peningkatan Kapasitas Petani dan Pemanfaatan Digital Marketing pada Rabu, 24 Maret 2021 di Desa Ketundan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—Memperhatikan kesejahteraan dan layanan kepada petani adalah salah satu wujud mempertahankan pangan di Indonesia. LP3M UMY berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat melalui kolaborasi dengan Universitas Muhammadiyah Magelang dan lembaga luar negeri Vital Strategies untuk melaksanakan program Pemberdayaan Petani Multikultur Melalui Peningkatan Kapasitas Petani  dan Pemanfaatan Digital Marketing pada Rabu, 24 Maret 2021 di Desa Ketundan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah.

Program Pemberdayaan Petani Multikultur Melalui Peningkatan Kapasitas Petani dan Pemanfaatan Digital Marketing ini diketuai oleh Dianita Sugiyo, S.Kep., Ns., MHID, dan beranggotakan Dr. Adhianty Nurjanah, S.Sos., M.Si, Dr. Ir. Gatot Supangkat M.P., IPM., Dr. Aris Slamet Widodo, S.P., M.Sc, dan Dra. Retno Rusdijati, M.Kes.

Advertisement

Pada program pemberdayaan ini terdapat dua jenis jenis pelatihan, yakni pelatihan Digital Marketing dan Pelatihan Pembuatan Pupuk. Pelatihan Digital Marketing disampaikan oleh Nia Kurniati Bachtiar selaku Dosen Ilmu Ekonomi Unima, Yosef Rabindanata Nugraha & Yosephina Octhalya (Vital Strategis) dengan sasaran pelatihan anak muda untuk mendukung pemasaran hasil tani di Magelang. Pelatihan digital marketing ini bertujuan untuk memberikan pemahaman pilihan tools marketing yang tepat untuk memasarkan hasil tani dengan maksimal.

Tidak hanya berlandaskan untuk memasarkan produk saja, namun produk yang akan dipasarkan juga diupayakan memiliki kualitas yang bagus dan membutuhkan pupuk yang mendukung kesuburan hasil tani, oleh karenanya diadakan pelatihan pembuatan pupuk yang disampaikan oleh Bapak Mulyono, selaku Dosen Ilmu Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Kegiatan pengabdian Pemberdayaan Petani Multikultur Melalui Peningkatan Kapasitas Petani dan Pemanfaatan Digital Marketing ini menjadi tawaran solusi dari LP3M UMY untuk menyeimbangkan produksi dan pemasaran produk untuk mencapai balancing produktivitas petani. Pada kesempatan pengabdian ini, LP3M UMY beserta UNIMA dan Vital Strategis bekolaborasi untuk memberikan pembedayaan dan memberikan hibah berupa Pupuk, Sepatu Booth, Sekop dan Bak, Pacul, dan Kaos Tangan untuk mendukung aktivitas petani.

Melalui pelatihan digital marketing dan pembuatan pupuk ini Dianita Sugiyo selaku ketua pelaksana Pengabdian Kolaboratif Luar Negeri ini menyampaikan bahwa kolaborasi antara UMY, Unima, dan Vital Strategis adalah wujud nyata UMY berkontribusi dalam hal pemberdayaan masyarakat terutama mendukung Petani untuk semakin berdaya, maju dan mandiri.

“Kami sangat berterimakasih sekali mendapatkan ilmu dan diberikan kesempatan untuk dibimbing baik untuk pelatihan Pupuk dan Digital Marketing. Kami menjadi sangat terbantu dan terarahkan bagaimana menghasilkan produk tani yang maksimal dan menunjang perekonomian kami,” jelas Popo selaku petani di Desa Ketundan, Pakis, Magelang.

Kegiatan pelatihan digital marketing, pelatihan pembuatan pupuk serta pemberian hibah ini diterima dengan sangat baik dan antusias oleh peserta pelatihan yang terdiri dari Petani dan Karang Taruna di Desa Ketundan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Lokasi dan Harga Tiket Museum Dirgantara Jogja, Cek di Sini

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement