KKN UMY di Dusun Ngrame Bentuk Kader Tangguh di Masa Pandemi Covid-19

Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Dusun Ngrame, Tamantirto, Kasihan, Bantul, membentuk kader tangguh di masa pandemi Covid-19. - Istimewa
22 Maret 2021 22:47 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Dusun Ngrame, Tamantirto, Kasihan, Bantul, membentuk kader tangguh di masa pandemi Covid-19.

KKN ini melibatkan 20 kader posyandu dan bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader posyandu dalam menangani kesehatan lansia serta meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19.

“Kami memiliki lima program dalam KKN-PPM ini,” kata Siti Aminah Tri Susila Estri, dosen Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY yang menjadi dosen pembimbing lapangan.

Program pertama adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader posyandu tentang deteksi penyakit kronis lansia yang sering berhubungan dengan gangguan kulit lansia.

Kedua, meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kader posyandu dan remaja serta anak-anak tentang kewaspadaan terhadap Covid19. Kedua program itu dilakukan dengan penyuluhan tentang kesehatan kulit lansia dan pencegahan dan vaksin covid19, yang dilaksanakn pada Kamis, 11 Februari 2021 oleh Siti Aminah.

Pada Minggu, 7 Februari dilaksanakan sosialisasi dan pelatihan cuci tangan kepada anak-anak oleh mahasiswa KKN UMY 061.

Priogram keempat adalah meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kader posyandu tentang pemeriksaan darah pada lansia, dilaksanakan melalui pelatihan pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat yang dilaksanakan pada Kamis, 11 Februar 2021 oleh Sherly Usman.

Terakhir adalah pemberian makanan tambahan yang sesuai untuk kesehatan lansia, yang dikelola oleh ibu-ibu kader kesehatan dan dibagikan kepada 100 lebih lansia di Dusun Ngrame. telah dilaksankan pada Jumat, 26 Februari 2021.

“Kader kesehatan berterima kasih dengan kegiatan pengabdian yang telah dilakukan, karena sesuai dengan kebutuhan masyarakat khususnya kader kesehatan lansia, sehingga mereka dapat tetap melaksanakan tugas posyandu lansia, terutama di masa pandemi ini.  Kader yang telah dilatih juga telah mempraktekkan keterampilan memeriksa darah kepada ibu-ibu pra lansia dan lansia di Ngrame, pada Jumat, 26 Februari 2021. Pada kegiatan ini, juga telah dihibahkan alat pemeriksaan kesehatan, timbangan badan dan alat pengukur tinggi badan, serta buku panduan pelaksanaan posyandu lansia pada masa pandemi Covid-19,” ujar Siti. (ADV)