Advertisement

KKN UMY Tingkatkan Tata Kelola Keuangan Koperasi Desa di Entak Kebumen

Media Digital
Senin, 22 Maret 2021 - 06:27 WIB
Budi Cahyana
KKN UMY Tingkatkan Tata Kelola Keuangan Koperasi Desa di Entak Kebumen Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Desa Entak, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, meningkatkan tata kelola koperasi desa sebagai penyokong UMKM emping desa setempat. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KEBUMEN—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Desa Entak, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, meningkatkan tata kelola koperasi desa sebagai penyokong UMKM emping desa setempat.

Tim KKN UMY mengadakan pelatihan yang diikuti 20 perajin emping dan UMKM sekitar Desa Entak pada 4 Februari 2021.

Advertisement

“Tujuan pelatihan ini adalah memberikan kesadaran bersama pelaku UMKM terkait pentingnya koperasi modern yang bisa menjadi stimulator kemajuan ekonomi pedesaaan,” kata Gatot Supangkat, dosen Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik UMY yang menjadi dosen pembimbing lapangan KKN ini.

Pelatihan dilaksanakan bersama Dinkop Kebumen kerja sama dengan pengabdian UMY. Gatot Supangkat ikut memberikan pelatihan dalam memberikan wawasan terkait dengan pentingnya koperasi untuk mendukung kemajuan ekonomi desa. Sementara, Dinkop Kebumen menjelaskan teknil agar koperasi bisa diakses dan dibantu secara legal oleh pemerintah setempat serta bagaiamana cara mengaksesnya.

Menurutnya, perlu menggalakan dan menggerakan lagi koperasi desa sebagai wujud dari kemandirian ekonomi desa, apalagi desa sudah punya Undang-Undang Desa sehingga kesejahteraan bisa lebih maksimal.

“Dengan pelatihan koperasi bersama UMY dan Dinkop Kebumen, kami pelaku UMKM lebih paham terkait dengan pentingnya gotong royong keuangan,” ucap Tri, pemilik usaha emping. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Komplotan Spesialis Pengganjal ATM di Gerai Ritel Modern Ditangkap Polresta Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Giliran Jogja! Event Seru Supermusic Superstar Intimate Session Janji Hadirkan Morfem

Hiburan
| Jum'at, 26 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement