KKN UMY Tingkatkan Tata Kelola Keuangan Koperasi Desa di Entak Kebumen

Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Desa Entak, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, meningkatkan tata kelola koperasi desa sebagai penyokong UMKM emping desa setempat. - Istimewa
22 Maret 2021 06:27 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, KEBUMEN—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Desa Entak, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, meningkatkan tata kelola koperasi desa sebagai penyokong UMKM emping desa setempat.

Tim KKN UMY mengadakan pelatihan yang diikuti 20 perajin emping dan UMKM sekitar Desa Entak pada 4 Februari 2021.

“Tujuan pelatihan ini adalah memberikan kesadaran bersama pelaku UMKM terkait pentingnya koperasi modern yang bisa menjadi stimulator kemajuan ekonomi pedesaaan,” kata Gatot Supangkat, dosen Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik UMY yang menjadi dosen pembimbing lapangan KKN ini.

Pelatihan dilaksanakan bersama Dinkop Kebumen kerja sama dengan pengabdian UMY. Gatot Supangkat ikut memberikan pelatihan dalam memberikan wawasan terkait dengan pentingnya koperasi untuk mendukung kemajuan ekonomi desa. Sementara, Dinkop Kebumen menjelaskan teknil agar koperasi bisa diakses dan dibantu secara legal oleh pemerintah setempat serta bagaiamana cara mengaksesnya.

Menurutnya, perlu menggalakan dan menggerakan lagi koperasi desa sebagai wujud dari kemandirian ekonomi desa, apalagi desa sudah punya Undang-Undang Desa sehingga kesejahteraan bisa lebih maksimal.

“Dengan pelatihan koperasi bersama UMY dan Dinkop Kebumen, kami pelaku UMKM lebih paham terkait dengan pentingnya gotong royong keuangan,” ucap Tri, pemilik usaha emping. (ADV)