Advertisement

UMY Latih Petani Boyolali Manfaatkan Limbah sebagai Pestisida Nabati

Media Digital
Selasa, 16 Maret 2021 - 15:32 WIB
Budi Cahyana
UMY Latih Petani Boyolali Manfaatkan Limbah sebagai Pestisida Nabati Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Ngangrong, Gladaksari, Boyolali, Jawa Tengah, melatih masyarakat setempat memanfaatkan limbah sebagai alternatif pupuk organik dan pestisida nabati. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BOYOLALI—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Ngangrong, Gladaksari, Boyolali, Jawa Tengah, melatih masyarakat setempat memanfaatkan limbah sebagai alternatif pupuk organik dan pestisida nabati.

Tim KKN yang dibimbing Gatot Supangkat, dosen Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik UMY itu mengadakan pelatihan yang diikuti 20 petani pada 6 Februari 2021.

Advertisement

“Tujuan kegiatan ini adalah terciptanya kondisi petani yang sejahtera berdasarkan kebutuhan pupuk dan pestisida yang dihasilkan sendiri sehingga mengurangi pengeluaran petani. Selain itu, kami ingin mengurangi limbah organik dan memanfaatkan bahan alam menjadi barang yang berguna dan memudahkan petani mencari alternatif pupuk dan pestisida disaat kebutuhan pupuk dan pestisida tidak tersedia,” ujar Gatot.

Kegiatan dimulai dengan mengadakan brainstorming ide untuk mengarahkan masyarakat kepada persepsi yang sama, kemudan diadakan pelatihan langsung didampingi para mahasiswa dan tokoh petani setempat yang kemudian dilakukan pendampingan rutin untuk mengecek hasil daripada pelatihan tersbeut. Ke depan program ini bisa menjadi acuan pemerintah setempat untuk didukung demi tercipta lingkungan petani yang sehat dan higienis tidak terlalu banyak cairan atau senyawa kimiawi

“Ibu Kades Ngagrong merasa terbantu dengan adanya pengabdai masyrakat ini karena bisa menambah wawasan petani secara langsung dan dberikan hibah alat pendukung untuk program tersebut dari UMY,” ucap Gatot. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi dan Harga Tiket Museum Dirgantara Jogja, Cek di Sini

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement