KKN UMY Berdayakan Masyarakat Dusun Tangkil untuk Cegah Covid-19

Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN/PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberdayakan masyarakat dan kader kesehatan Dusun Tangkil, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Bantul untuk mencegah Covid/19. Kegiatan dilaksanakan pada 2 dan 5 Maret 2021.
13 Maret 2021 01:27 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberdayakan masyarakat dan kader kesehatan Dusun Tangkil, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Bantul untuk mencegah Covid-19. Kegiatan dilaksanakan pada 2 dan 5 Maret 2021.

“Peserta  sangat senang karena bisa mengetahui tekanan darah, kadar kolesterol dan gula darah mereka serta mendapatkan informasi mengenai pencegahan covid-19,” ujar Nur Hayati, dosen Program Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan yang menjadi dosen pembimbing lapangan.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dinilai cukup berhasil dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pencegahan penularan covid-19 dan mendeteksi dini komorbid covid-19 masyarakat dusun Tangkil Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo.

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini juga memberikan manfaat kepada masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Dlingo untuk mencegah penularan covid-19 dan memberikan bekal kepada mahasiswa kedokteran untuk mencapai kompetensi dokter,” ujar Kepala Puskesmas Dlingo II.(ADV)