UMY Manfaatkan Digitalisasi dan Media Sosial untuk Tingkatkan Kualitas Masyarakat Desa

Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pelatihan di Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Bantul untuk meningkatkan eksistensi BUMDES dengan memanfaatkan media online. - Istimewa
13 Maret 2021 00:27 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pelatihan di Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Bantul untuk meningkatkan eksistensi BUMDES dengan memanfaatkan media online. Kegiatan dilaksanakan di BUMDES Srimulyo Clink pada 16 Januari-15 Februari 2021 dengan dosen pembimbing Fadia Fitriyanti, dosen Program Studi Hukum Bisnis Fakultas Hukum UMY.

Program kerja sosialisasi pemilahan sampah ini dilatar belakangi oleh salah satu permasalahan yang dihadapi oleh BUMDES Srimulyo Clink dimana masih minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pemilahan sampah organik dan anorganik. Oleh karena itu, kelompok kami mengusung pelaksanaan program kerja sosialisasi pemilahan sampah. Program kerja ini telag berhasil dilaksanakan melalui peembuatan brosur yang kemudian brosur-brosur tersebut dibagikan kepada masyarakat sekitar terutama para nasabah BUMDES Srimulyo Clink. Dalam brosur yang dibuat oleh kelompok KKN 163 ini berisikan tentang penjelasan singkat mengenai sampah organik dan anorganik. Dalam brosur ini juga berisi tentang contoh sampah organik dan anorganik yang mana diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar akan pentingnya pemilahan sampah.

Brosur yang berisikan tentang pemilahan sampah ini kami bagikan sembari membantu pihak BUMDES dalam penarikan iuran rutin. Dalam pelaksanaan program kerja ini, kelompok 163 tidak hanya membagikan brosur saja melainkan sekaligus dengan penjelasan langsung mengenai pemilahan sampah organik dan anorganik. Selain itu, dalam brosur ini juga berisikan tentang profil BUMDES Srimulyo Clink yang mana diharapkan dapat membuat BUMDES Srimulyo Clink dapat lebih dikenal oleh masyarakat Desa Srimulyo.

Program kerja pengadaan tempat sampah dilatar belakangi oleh salah satu permasalahan yang dihadapi oleh BUMDES Srimulyo Clink dimana masih minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pemilahan sampah organik dan anorganik dalam membuang sampah selain iu juga disebabkan karena kurangnya serta rusaknya tempat sampah sehingga masyarakat masih banyak yang membuang sampah semabarangan . Oleh karena itu, kelompok kami mengusung pelaksanaan program kerja pengadaan tempat sampah. Program kerja ini telag berhasil dilaksanakan melalui pengadaan tempat sampah yang diletakkan di tempat-tempat yang strategis seperti di Balai Desa Srimulyo, Rumah Pilah Sampah dsb. Pengadaan tempat sampah ini terdapat 3 kategori sampah yakni sampah organik , sampah anorganik dan sampah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun). Dengan adanya pengadaan tempat sampah ini diharapkan dapat meningkaka kesadaran masyarakat desa srimulyo sehingga dapat mebuang sampah pada tempatnya yang mana sesuai dengan kategori-kategori sampah antara sampah orgaik, anorganik dan B3.

Program kerja pembuatan blog untuk bumdes Srimulyo Clink ini agar masyarakat lebih tahu dan mengenal mengenai Bumdes Srimulyo Clink karena tidak semua Dusun yang berada di Desa Srimuyo berlangganan kepada Bumdes Srimulyo Clink, sehingga dengan adanya blog ini diharapkan dusun-dusun yang belum menjadi pelanggan ini menjadi nasabahnya Bumdes Srimulyo Clink selain iu juga tujuan dari pembuatan blog untuk Bumdes Srimulyo Clink ini agar Bumdes Srimulyo Clink lebih eksisitensi lagi di kalangan mayarakat yang lebih luas serta dapat menjadi contoh untuk masyarakat lebih luas dalam mendirikan Badan Usaha Milik Desa yang beruhubungan dengan sampah.

Program Kerja dalam pengadaan Inventaris untuk Bumdes srimulyo Clink ini berupa pengadaan rompi untuk 3 pekerja yang mengambil sampah di Bumdes Srimulyo Clink, topi untuk 3 pekerja pengambil sampah serta 5 pekerja yang mengambil uang nasabah, 3 sarung tangan, 3 kaos untuk pekerja yang mengambil sampah di Bumdes Srimulyo Clink. Dengan pengadaan inventaris ini diharapkan untuk memudahkan dalam melangsunkan pekerjaan yakni mengambil sampah. Rompi safety unuk mengurangi kemungkinan terjadinya bahaya kecelakaan kerja yang mana dapat melindungi penggunanya dari bahan berbahaya berupa cair atau padat dan sebagainya.

Program kerja dalam pembuatan Katalog ini merupakan salah satu alat yang digunakan sebagai alat publikasi guna memberikan informasi mengenai Budes Srimulyo Clink. Melalui katalog ini, terdapat informasi secara rinci mengenai bumdes Srimulyo Clink yang kedepannya untuk para pengunjung atau pelanggan. Katalog ini layaknya sebuah media informasi dari perusahaan yang berisikan profil , bumdes Srimulyo Clink, sejarah adanya Bumdes Srimulyo Clink, foto-foto kegiatan Bumdes Srimuly Clink. Didalam katalog produk juga berisikan data-data bumdes Srimuly Clink yang diperlukan diantaranya seperti nomor telepon, informasi alamat BUMDES Srimulyo Clink, dan Email.

“Kami sangat membutuhkan kegiatan KKN UMY ini, dan berterimakasih dengan adanya program KKN UMY ini. Pihak Bumdes berharap agar program kegiatan KKN UMY lebih lama lagi,” ujar Fajar Restu mewakili BUMDes. (ADV)