Advertisement

UMY Gelar Pelatihan Perawatan Jenazah dalam Tinjauan Syariat Islam dan Medis di Masjid Al-Ikhlas Jadan Tamantirto

Media Digital
Jum'at, 12 Maret 2021 - 23:57 WIB
Budi Cahyana
UMY Gelar Pelatihan Perawatan Jenazah dalam Tinjauan Syariat Islam dan Medis di Masjid Al-Ikhlas Jadan Tamantirto Pelatihan Perawatan Jenazah dalam Tinjauan Syariat Islam dan Medis digelar di Masjid Al-Ikhlas, Jadan, Tamantirto, Kasihan, Bantul Yogyakarta dan tanggal 20, 27 dan 28 Februari 2021. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pelatihan Perawatan Jenazah dalam Tinjauan Syariat Islam dan Medis digelar di Masjid Al-Ikhlas, Jadan, Tamantirto, Kasihan, Bantul Yogyakarta dan tanggal 20, 27 dan 28 Februari 2021. Kegiatan ini merupakan Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah)

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan wawasan ilmu pengetahuan kepada masyarakat pentingnya melakukan perawatan jenazah yang sesuai dengan ajaran Islam agar tidak termasuk dalam kategori bid’ah dhalalah. Bid’ah artinya melakukan suatu ibadah yang tidak dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Advertisement

PKM ini juga bertujuan mengetahui dari aspek medis agar semua terhindar dari bahaya penyakit, apalagi pada masa covid-19 yang sangat rentan dari unsur penyakit, sehingga air yang digunakan untuk memandikan mayat harus bersih sekalipun bagi mayat tidak ada pengaruhnya sama sekali.

UMY ingin membiasakan hidup baik dalam hal menjalankan ibadah dan melakukan segala sesuatu yang bersih karena kebersihan adalah bagian dari iman. Karena itu, masyarakat akan terbiasa melakukan segala bentuk ibadah yang sesuai dengan petunjuk Alquran dan hadis Nabi.

Kegiatan ini dimulai dengan melakukan pendekatan kepada warga masyarakat khususnya masyarakat jamaah masjid Al-Ikhlas Tamantirto tentang pentingnya melakukan perawatan jenazah menurut syariat Islam dan medis pada masa sebelum covid 19 dan setelah covid 19. Hal itu dilatarbelakangi karena masih banyak masyarakat yang menjalankan perawatan jenazah tidak sesuai dengan hadis Nabi.

“Akhirnya kami bersama tim pengabdi mengadakan rapat dengan ketua takmir Al-Ikhlas yakni pak Rizal Yaya untuk berembug mengadakan rukti jenazah dan takmir pun menyetujui karena kebetulan mereka membutuhkan orang-orang yang bisa melakukan perawatan jenazah sesuai dengan hadis Nabi,” ujar Rohmansyah, dosen Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik UMY

Selanjutnya disepakati hari pelaksanaannya yang terbagi dalam tiga hari. Hari pertama, Sabtu 20 Februari 2021 jam 20.00-21.30 WIB, mulai melakukan mengabdian dengan menyampaikan materi perawatan jenazah menurut syariat Islam oleh Rohmansyah yang bersumber pada Alquran dan sunnah al-Maqbulah yang dihadiri oleh 20 orang peserta.

Hari yang kedua, Sabtu, 27 Februari 2021 jam 20.00-21.30 WIB penyampaian materi perawatan jenazah menurut perspektik medis oleh Ismail Hawary. Dia menyampaikan beberapa poin penting perawatan jenazah pada masa covid 19 dan pasca covid 19 bagi pasien yang mengalami sakit yang dihadiri 20 orang.

Kemudian hari yang ketiga, dilakukan praktik perawatan jenazah dari mulai memandikan dan mengkafani berdasarkan tinjauan syariat Islam yang dihadiri oleh 20 jamaah. Pada kegiatan praktik perawatan ini dijelaskan langsung tata cara memandikan dan mengkafani yang benar menurut hadis Nabi.

“Kegiatan ini sangat mendukung terhadap program takmir yakni takmir akan membentuk tim kader perawatan jenazah bagi warga jamaah masjid Al-Ikhlas. Sehingga kedepannya perawatan jenazah tidak lagi dilakukan oleh mbah kaum atau tokoh masyarakat, tetapi akan dihandal oleh tim perawatan jenazah yang ikut pelatihan dan praktik pada kegiatan ini,” ujar Ketua Takmir Masjid Al-Ikhlas Rizal Yaya. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Dapat Bantuan Dana Rp14 Miliar, Ini Ruas Jalan yang Akan Diperbaiki Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Kamis, 25 April 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

The Tortured Poets Departement, Album Baru Taylor Swift Melampaui 1 Miliar Streaming di Spotify

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement