Advertisement

Kelompok Shodaqoh Sampah Dusun Brajan Tamantirto Kini Semakin Terorganisasi

Media Digital
Jum'at, 05 Maret 2021 - 16:37 WIB
Budi Cahyana
Kelompok Shodaqoh Sampah Dusun Brajan Tamantirto Kini Semakin Terorganisasi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakara (UMY) memperkuat kelembagaan Kelompok Shodaqoh Sampah Dusun Brajan, Tamantirto, Kasihan, Bantul. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang digawangi Aris Slamet Widodo, dosen Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UMY memperkuat kelembagaan Kelompok Shodaqoh Sampah Dusun Brajan, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

“Tujuan PKM ini adalah menguatkan lembaha pengurus Shodaqoh Sampah, meningkatkan partisipasi warga dalam Program Shodaqoh Sampah, dan memperbaiki manajemen pengelolaan Kelompok Shodaqog Sampah,” kata Aris.

Advertisement

“Kegiatan pengabdian LP3M UMY di Dusun Brajan, Tamantirto, Kasihan, Bantul merupakan kegiatan yg menunjukan bahwa UMY hadir di masyarakat sekitar kampus.”

Dusun Brajan telah menjalankan program Shodaqoh Sampah yang di gerakan oleh pemuda.

Aris Slamet Widodo sebagai perwakilan UMY memberikan hibah bangunan semi permanen rumah Pilah Sampah utk mendukung program Shodaqoh Sampah. Selama ini sampah dikumpulkan di pekarangan RT, diilah dan dijual, sehingga sampah berserakan. Kehadiran rumah Pilah Sampah memberikan semangat bagi pengurus dan memudahkan dan pengelolaan sampah. Pada kesempatan tersebut juga dijalankan program penguatan program Shodaqoh Sampah untuk semua warga dan pelatihan pembukuan bagi pengelola Shodaqoh Sampah.

“Program telah berjalan dengan baik. Terjadi peningkatan partisipasi jumlah warga yang ikut dalam program dari 17 orang menjadi 25 orang. Kepengurusan semakin baik setelah diadakan restrukturisasi dan hibah rumah pilah sampah,” kata Aris. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Giliran Jogja! Event Seru Supermusic Superstar Intimate Session Janji Hadirkan Morfem

Hiburan
| Jum'at, 26 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement