UMY Dampingi Pemasaran Soka Digital Seloharjo Pundong

Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Desa Seloharjo, Pundong, Bantul. - Istimewa
05 Maret 2021 13:27 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mendampingi kelompok usaha pemasaran online Soka Digital di Desa Seloharjo, Pundong, Bantul.

Soka Digital merupakan kelompok ibu ibu muda produktif di Dusun Soka, Seloharjo, kecamatan Pundong, Bantul.

Para ibu-ibu tersebut memiliki keinginan membantu saudara dan tetangga dalam satu desa yang memiliki produk umkm bagus, namun tidak bisa memasarkan secara on line krn Keterbatasan kemampuan pengetahuan dan akses.

Soka digital berusaha memghimpum dan memperbaiki packaging kemudian memasarkan melalui berbagai market place yang ada. Harapannya ada peningkatan penjualan dan pendapatan Para UMKM di masa pandemi ini.

Dr. Aris Slamet Widodo, perwakilan LP3M UMY yang menjadi dosen pembimbing lapangan memberikan dampingan kepada Soka Digital tentang pengetahuan market place, dasar-dasar  pemasaran produk, packaging dan SEO dengan mengikutkan pada program workshop yang diselenggarakan oleh LP3M UMY dengan naraslumber Darwanto dari Pemalang yang dilakukan selama dua kali pertemuan. Kegiatan pendampingan dilanjutkan dengan pemberian hibah sebuah handphone android untuk memudahkan  proses pemasaran produk, dan pengambilan foto serta hibah rak display produk pada 14 Februari 2021 di Balai Dusun Soka, Seloharjo.

Kegiatan pendampingan dilaksanakan selama 3 bulan dari Desember 2020 sampai Februari 2021

“Kegiatan berlangsung dengan baik, pengetahuan dan keterampilan meningkat. Soka digital langsung memulai penjualan secara online berbagai produk dampingannya,” kata Aris Slamet Widodo, dosen Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UMY. (ADV)