UMY Bantu Digital Marketing Topo Printing dan Feels Good Studio

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membantu pemanfaatan digital marketing dan inovasi bisnis untuk meningkatkan penjualan jasa sablon Topo Printing di Dusun Depok, Ambarketawang, Gamping, Sleman. - Istimewa
05 Maret 2021 12:27 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, SLEMANUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membantu pemanfaatan digital marketing dan inovasi bisnis untuk meningkatkan penjualan jasa sablon Topo Printing di Dusun Depok, Ambarketawang, Gamping, Sleman. Kegaiatan dilaksanakan melalui Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Pelatian dilaksanakan pada 15 Januari 2021 – 16 Febrauri 2021 di lokasi UMKM Jasa Balon Topo Printing dan Feels Good Studio. Pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimalkan digital marketing dan inovasi bisnis untuk mengembangkan usaha.

“Merebaknya Covid-19 telah berdampak pada menurunnya permintaan jasa sablon di usaha Sablon Topo Printing milik Bapak Topo Rudihartono dan Feels Good Studio milik Bapak Riza Dammarjati, SSn yang berada di Dusun Depok, Ambarketawang, Gamping, Sleman. Ketergantungan yang sangat tinggi terhadap pelanggan tetap dan minimnya inovasi bisnis dalam hal produksi dan pemasaran menyebabkan kedua usaha sablon belum dapat stabil bahkan belum mampu berkembang. Melihat adanya potensi pasar yang besar akan permintaan jasa sablon kaos sebagai merchandise dan digital marketing sebagai strategi pemasaran yang murah dan efektif, maka pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimalkan digital marketing dan inovasi bisnis untuk mengembangkan usaha sablon,” ujar Sugito, dosen Program Studi Hubungan Internasional yang menjadi pendamping kegiatan ini.

Melalui metode pelatihan dan pendampingan, diharapkan pengabdian masyarakat ini dapat menghasilkan output berupa profil usaha sablon, platform digital marketing melalui Instagram, google bisnis, dan Facebook, serta inovasi bisnis sebagai diversifikasi produk. Dengan adanya output tersebut diharapkan mampu berdampak pada peningkatan penghasilan kedua usaha sablon tersebut.

Pengabdian telah dilaksanakan dari 15 Januari hingga 16 Februari 2021 bekerja sama dengan Kelompok KKN IT Reguler UMY 181. Adapun kegaitan yang terlaksana adalah koordinasi dengan mitra untuk mengidentifikasi prioritas kegiatan serta jadwal pelaksanaannya.

Selain itu, ada pelatihan sekaligus pendampingan pembuatan dan pemanfaatan akun instagram, facebook, google bisnis, dan watsapp bisnis. Kegiatan ini ditujukan untuk Topo Printing mengingat pemilik usaha belum memahami dan memiliki berbagai jenis aplikasi tersebut untuk mempromosikan produk jasanya. Tim pengabdian berhasil mendampingi Pak Topo selaku pemilik usaha dalam membuat akun sekaligus membuat beberapa konten baik foto, video, maupun prodil usaha sebagai bahan yang akan dimuat dalam akun-akun media sosial. Cara pemesanan jasa masih dilakukan melalui kontak WA maupun chattting di IG dan Facebook. Cara ini diambil mengingat kemampuan dan kebutuhan mitra dalam memanfaatkan fasilitas digital. Bertindak sebagai nara sumber adalah Sugito, dan fasilitator dari mahasiswa kelompok KKN IT Reguler 181.

Pelatihan dan Pendampingan optimalisasi promosi melalui Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan strategi dalam mengoptimalkan internet dalam pencarian usaha mitra. Pelatihan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Digital MArketing Agency dan diikuti oleh pemilik Topo Printing dan Feels Good Studio. Juga ada Pemberian bantuan alat screen dan bahan cat sablon dan spanduk nama usaha serta monitoring dan keberlanjutan program

Kegiatan terakhir adalah monitoring terhadap hasil yang telah dicapai melalui media sosial media yang telah ada dan diskusi dengan mitra pasca pelaksanaan program. Capaian-capain progam juga dilanjutkan dengan pendampingan pasca pelaksanaan.

“Terima kasih atas bantuan UMY yang telah melaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan bagi kami. Sebelumnya kami tidak tahu bagaimana memanfaatkan facebook dan WA untuk berjualan. Sekarang kami bisa bahkan kami juga diberikan bantuan peralatan dan bahan produksi,” ujar Topo Rudihartono selaku pemilik Topo Printing mengapresiasi program pengabdian ini.

“Ternyata internet memberikan kemudahan bagi saya untuk promosi. Dan pelatihan ini semakin memudahkan saya dalam mempromosikan produk kami,” kata Riza Dammarjati selaku pemilik Feels Good Studio yang merasa sangat terbantu dengan pelatihan SEO dan SEM ini. (ADV)