Bangkitkan UMKM Kerajinan Bambu, KKN UMY Lakukan Pendampingan Digital Marketing

KKN UMY kelompok 13 membantu UMKM para perajin bambu di Dusun Sendari, Mlati, Sleman.
03 Maret 2021 15:07 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Di tengah kondisi pandemi sekarang ini banyak UMKM khususnya kerajinan bambu yang mengalami penurunan omzet penjualan, sudah hampir 1 tahun mereka berusaha keluar dari kesulitan ini. Agar mereka lebih cepat bangkit, mahasiswa KKN UMY kelompok 13 hadir untuk membantu UMKM para perajin bambu di Dusun Sendari, Mlati, Sleman.

Di bawah bimbingan dosen pembimbing lapangan (DPL) Dr. Muchamad Zaenuri, M.Si., mahasiswa melaksanakan kegiatan antara lain: degital marketing, penyusunan katalog produk, pembuatan company profile, promosi melalui virtual expo, dan beberapa kegiatan lain yang berfokus pada pembenahan pemasaran.

Kegiatan KKN-PPM ini dilakukan agar mitra dapat memanfaatkan kemajuan IPTEK dengan menggunakan sarana digital seperti pemasaran melalui website atau media sosial. Kegiatan dilakukan dengan pemaparan materi dari pihak UMY dan dibantu oleh mahasiswa. Mitra UMKM kerajinan bambu “TKT DW” dan “Aneka Bambu” cukup antusias mengikuti kegiatan yang diberikan.

Pembuatan katalog dilakukan untuk mengenalkan produk-produk yang dijual dan ditawarkan pengelola kepada calon pembeli. Proses yang dilakukan berupa pengambilan gambar kemudian dibukukan menjadi sebuah katalog.

Pengembangan sarana prasarana UMKM dilakukan untuk meningkatkan efektivitas suatu UMKM agar dapat memaksimalkan potensi keuntungan didapatkan. Pengembangan yang dilakukan berupa pemasangan banner sebagai media iklan atau promosi UMKM tersebut, pengadaan alat kesehatan P3K sebagai upaya pertolongan pertama pada kecelakaan apabila terjadi hal – hal yang tidak diinginkan, hingga pembuatan tempat cuci tangan sebagai upaya pencegahan pandemic COVID – 19.

Produk yang dihasilkan oleh kedua mitra dipasarkan melalui pasar virtual yang diselenggarakan oleh LP3M UMY. Dari kegiatan ini dapat didisplay beberapa produk bambu yang menjadi andalan dari kedua mitra tersebut.

Di samping bermitra dengan UMKM, kegiatan KKN-PPM ini juga melakukan kegiatan pendampingan kepada anak-anak TPA Al Muhajirin di dusun Sendari dengan kegiatan family gathering dan perlombaan, serta pemberian bantuan untuk perlengkapan TPA. (ADV)