Advertisement

Dosen UMY Dampingi Perajin Kaligrafi Sawahan Gamping

Media Digital
Senin, 01 Maret 2021 - 23:27 WIB
Budi Cahyana
Dosen UMY Dampingi Perajin Kaligrafi Sawahan Gamping Kaligrafi perajin Sawahan, Nogotirto, Gamping, Sleman. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Arif Humaini, dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Pendidikan Bahasa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengisi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan kegiatan bertema Penerapan Seni Kaligrafi Tulisan Arab sebagai Hasil Kerajinan Keterampilan Tangan yang Memiliki Nilai Kreatifitas untuk Menambah Penghasilan Ekonomi.

PKM ini digelar di Sawahan, Nogotirto, Gamping, Sleman, pada Februari-April 2021. Mitra kegiatan pengabdian masyarakat adalah perajin seni kaligrafi yang tergabbung dalam Kelompok Al Ikhwan Kaligrafi

Advertisement

“Kami memberikan alat atau bahan sebagai fasilitas untuk menghasilkan karya kaligrafi dan memberikan pendampingan dan pengawasan dalam penggunaan alat atau bahan tersebut sehingga bisa menghasilkan suatu karya,” kata dia.

Tulisan Arab merupakan tulisan yang bisa digabungkan dengan seni, yang dikenal dengan seni kaligrafi. Pengrajin seni kaligrafi Al Ikhwan ini sudah memulai usahanya sejak lama, namun masih terkendala dengan sarana dan prasarana yang masih minim. Oleh karena itu, proses kegiatan mengkhususkan dengan berusaha menghadirkan sarana yang dibutuhkan sebagai penyokong agar karya yang dihasilkan bisa memiliki nilai jual.

Program ini sangat memberikan manfaat karena kebutuhan modal sarana sangat penting dalam menghasilkan suatu karya seni, penggabungan seni tulisan dengan warna, seni lukis, ataupun pigura yang menghiasinya memberikan dampak terhadap nilai jual suatu karya seni kaligrafi

“Penambahan sarana kepada pengrajin seni kaligrafi ini diharapkan mampu memberikan wawasan baru sehingga karya tersebut memiliki nilai jual di masyarakat dan memberikan tambahan penghasilan bagi pengrajin,” kata Arif. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jadwal Layanan SIM di Bantul Senin 29 April 2024

Bantul
| Senin, 29 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Pick Me Trip in Bali Melanggar Izin Tinggal, Belasan Orang Pulang, 2 Produser Dideportasi

Hiburan
| Minggu, 28 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement