Advertisement

KKN UMY Bantu UMKM Panggungharjo Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi

Media Digital
Senin, 01 Maret 2021 - 06:17 WIB
Budi Cahyana
KKN UMY Bantu UMKM Panggungharjo Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Panggungharjo, Sewon, Bantul. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Panggungharjo, Sewon, Bantul, memberdayakan masyarakat setempat melalui digital marketing dan media sosial untuk promosi produk UMKM.

Firman Mansir, dosen Program Studi Pendidikan Agama Islam yang menjadi dosen pembimbing lapangan mengatakan KKN tersebut melibatkan 20 karyawan dan owner UMKM Pisang Lilit Kreez dan Kripik Belut

Advertisement

“Tujuannya untuk memberikan pengetahuan dan edukasi cara  mempromosikan produk ke khalayak atau masyarakat melalui pemanfaatan digital marketing dan media sosial yang lagi digandrungi oleh masyarakat,” kata dia.

Kegiatan KKN-PPM berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini tidak lepas dari kontribusi dan bantuan mahasiswa KKN IT UMY 2021 yang sudah sebelumnya melakukan pengabdian di lokasi tersebut selama satu bulan.

“Sebagai DPL, kami memberikan support, saran dan hal-hal yang dibutuhkan kepada mahasiswa agar pengabdian ini mampu memberikan peran dan perubahan yang signifikan kepada mitra UMKM, khususnya dalam memperkenalkan pentingnya digital marketing dan media sosial,” ujar dia.

KKN-PPM ini juga bagian dari kerjasama antara mahasiswa KKN IT UMY 2021 dengan dosen pembimbing lapangan untuk memberikan kontribusi dalam pemberdayaan masyarakat UMKM di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda masyarakat di penjuru dunia, khususnya Indonesia. Pada KKN-PPM mitra UMKM dibantu dengan dibuatkan akun media sosial seperti Instagra, dengan tujuan agar para mitra mampu mempromosikan produknya dengan efektif. Selain media sosial, para mitra juga dibuatkan akun pada marketplace seperti Shoope.  Terakhir yang tidak kalah pentingnya juga para mitra dibuatkan akun di Grab dan Gojek melalui go-food.

Menurut owner Pisang Lelet Krezz, adanya KKN-PPM ini sangat membantu dan memudahkan dalam mempromosikan produk. Pemilik Kripik Belut mengaku sangat tertolong dengan KKN-PPM UMY 2021, karena produk kripik belut ini sudah bisa dipesan melalui aplikasi Go-Food. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Calon Perseorangan Pilkada DIY 2024 Harus Mengantongi Ini

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Dipanggil Teman oleh Bocah Berusia 2 Tahun, Beyonce Kirim Bunga Cantik Ini

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement