Advertisement

UMY Berdayakan PKK Bantul Timur dengan Batik Ecoprint

Media Digital
Jum'at, 26 Februari 2021 - 05:07 WIB
Budi Cahyana
UMY Berdayakan PKK Bantul Timur dengan Batik Ecoprint Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberdayakan PKK Bantul Timur dengan keterampilan batik ecoprint. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberdayakan PKK Bantul Timur dengan keterampilan batik ecoprint.

Chusnul Azhar, dosen Program Studi Teknik Mesin UMY yang menjadi dosen pembimbing lapangan KKN mengatakan kegiatan pada 24 Januari 2021 berlangsung di TK Jebugan Baru pada dan diikuti 15 anggota Kelompok PKK Bantul Timur.

Advertisement

“Tujuannnya meningkatkan ekonomi keluarga di masa pandemi Covid-19 dengan keterampilan teknik batik modern (ecoprint dan shibori) yang mudah dipraktikkan baik secara kelompok atau individu, ramah lingkungan, dan bernilai ekonomi tinggi,” ujar dia.

Menurut dia, sejak pandemi Covid-19 melanda bangsa Indonesia, terhitung mulai awal tahun 2020 seluruh masyarakat Indonesia terdampak secara ekonomi dan yang paling terdampak adalah perekonomian keluarga. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi keluarga di masa pandemi Covid-19 dengan keterampilan teknik batik ecoprint maupun teknik batik shibori.

Kegiatan diawali dengan penyampaiaan materi oleh Erna Herawati (Owner Kedai Batik EKONANA) tentang pembuatan pewarna, cara melipat kain kain dengan benar, dan kemudian dilanjutkan dengan praktik membatik modern yaitu ecoprint dan shibori.

Nana, sebagai salah satu peserta pelatihan meyampaikan terima kasih kepada KKN 152 UMY beserta Chusnul Azhar selaku DPL karena kegiatan ini sangat bermanfaat dan sangat dibutuhkan di masa pandemi Covid-19. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Berikut Rangkaian Program Pilihan Keluarga Indonesia Paling di Hati, Hanya di MNCTV

Hiburan
| Selasa, 23 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement