KKN UMY Kampanyekan Kesehatan Gigi pada Masa Pandemi

Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membentuk kader kesehatan untuk mempersiapkan anak generasi emas sehat gigi dan mulut pada masa pandemi Covid-19 di TK Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) 22 Jotawang. - Istimewa
22 Februari 2021 09:17 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membentuk kader kesehatan untuk mempersiapkan anak generasi emas sehat gigi dan mulut pada masa pandemi Covid-19 di TK Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) 22 Jotawang.

Melalui kegiatan yang digelar pada 9 Februari 21 dan diikuti guru-guru TK dan Kelompok Bermain (KB) PKK 22 Jotawang, KKN UMY mengajak peran aktif guru dalam kegiatan promotif dan preventif kesehatan gigi anak-anak peserta didik agar sehat gigi dan mulut dalam menyongsong Indonesia Generasi Emas 2042.

Sartika Puspita, dosen Program Studi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY yang menjadi dosen pembimbing lapangan dalam KKN tersebut memberikan penyuluhan untuk menyiapkan anak generasi emas sehat gigi dan mulut.

Selain itu, Dwi Aji Nugroho dari Program Studi Kedokteran Gigi UMY memberikan penyuluhan tentang cara menjaga kesehatan gigi anak-anak.

“Kami juga memberikan video cara menggosok gigi dengan baik dan benar dan video cara cuci tangan 6 langkah sesuai prinsip WHO Sebagai bahan pembelajaran daring untuk anak-anak peserta didik,” kata Sartika.

Kepala Sekolah TK PKK 22, Nur Fitri Wjiayanti, merasa sangat senang dengan kegiatan ini dan mendapat ilmu yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anak-anak sejak dini. (ADV)