KKN UMY Bantu Pulihkan Industri Cokelat Ngalang Gunungkidul

Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Desa Ngalang, Gunungkidul. - Istimewa
22 Februari 2021 07:17 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Desa Ngalang, Gunungkidul membantu proses produksi dan manajemen pemasaran cokelat.

Kegiatan yang berlangsung pada 11 Februari ini merupakan serangkaian pemberdayaan Desa Ngalang khususnya untuk KWT Melati Indah dalam memproduksi nahan lokal daerah Ngalang yaitu coklat. Pada kegiatan ini langkah proses produksi coklat menjadi coklat bubuk untuk dijadikan keripik pisang coklat. “Pada kegiatan ini juga dalam pengenalan varian berbagai rasa dari keripik pisang sendiri serta memperbarui kemasan dan branding produk "MaCho" dari KWT Melati yang mempunyai berbagai produk olahan coklat. Pada kegiatan ini hanya memproduksi keripik pisang coklat yang dikenal dengan "BaChoc" yaitu Benana Coklat yang mempunyai kemasan 100 gram merupakan kemasan ekonomis yang sangat mudah dalam pemasaran,” kata Putri Rachmawati, dosen Teknologi Mesin Program Vokasi UMY

M. Farhan, Ketua KKN IT 207 UMY yang berlokasi di Desa Ngalang mengatakan tujuan KKN adalah dapat berperan aktif dalam membantuk peningkatkan profitabilitas UMKM di tengah pandemi Covid-19.

“Banyak pelaku bisnis yang mengalami penurunan profit dengan memanfaatkan digitaliasi sebagai solusi sukses UMKM di tengah pandemi Covid-19,” kata Farhan.

KKN IT 207 selama dua minggu membantu proses bubuk coklat dan proses produksi keripik coklat dengan membantu dan menyiapkan berbagai varian rasa selain coklat sendiri.

“KWT Melati Indah ini sudah berjalan dan produk yang dihasilkan pun semakin meningkat serta unggul dibandingkan dengan desa lainnya sehingga kegiatan – kegiatan ini perlu untuk ditingkatkan Kembali dengan berbagai varian produk yang dihasilkan,” kata Suhartini selaku ketua KWT Melati. (ADV)