UMY Bantu UMKM Guwosari Bertahan di Tengah Pandemi

Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Kentholan Lor, Guwosari, Pajangan, Bantul. - Istimewa
22 Februari 2021 06:27 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengoptimalkan penggunaan media sosial untuk Kelompok Wanita Tani (KWT) Anugrah Guwosari, Kentholan Lor, Guwosari, Pajangan, Bantul.

Melalui kegiatan yang digelar pada Rabu, 10 Februari 2021, dan melibatkan 18 masyarakat Desa Guwosari, tim KKN UMY membangun kesadaran pentingnya peran media sosial dalam membangun usaha agar mampu berkembang dan bersaing di era pandemi.

“Kegiatan yang dilakukan berupa workshop multimedia yaitu bagaimana memanfaatkan multimedia dalam meningkatkan kualitas foto produk dan bagaimana tips dan trik dalam melakukan foto produk yang mampu menghasilkan foto yang menarik minat konsumen serta foto produk yang efektif dan efisien dalam kondisi pandemi,” kata Siti Muslikhati, dosen Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UMY yang menjadi dosen pembimbing tim KKN UMY di Guwosari.

Kegiatan ini dilakukan untuk membantu mitra dalam bertahan dan mengembangkan usaha di tengah pandemi. Masyarakat merasa sangat terbantu dengan ilmu yang disampaikan karena dibarengi dengan praktek langsung.

“Workshop ini sangat bermanfaat karena pada saat pandemi minat konsumen menurun, sehingga salah satu cara yang dapat meningkatkan penjualan adalah dengan memposting foto yang lebih menarik, melihat kebiasaan konsumen pada saat pandemi sering berbelanja online, sudah pasti mereka akan kebih banyak melihat foto produknya,” kata Merza. (ADV)