Advertisement

KKN UMY di Huntap Dongkelsari Tingkatkan Nilai Jual Ikan Nilai

Media Digital
Jum'at, 19 Februari 2021 - 22:57 WIB
Budi Cahyana
KKN UMY di Huntap Dongkelsari Tingkatkan Nilai Jual Ikan Nilai Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Huntap Dongkelsari di Lereng Gunung Merapi. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melatih ibu-ibu anggota PKK RT 1 Huntap Dongkelsari di Lereng Gunung Merapi untuk mengoleh ikan nila frozen.

KKN yang dibimbing Diah Setyawati Dewanti, dosen Prodi Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY itu diikuti belasan penghuni huntap.

Advertisement

“Tim KKN mengadakan pelatihan offline mengolah dan mengemas produk ikan nila frozen hasil budidaya ikan nila selokan,” kata Diah.

Program ini dilakukan untuk memaksimalkan nilai tambah dari sumber daya alam dan lingkungan yang ada di Huntap Dongkelsari. Salah satu produk yang sudah diperkenalkan di desa ini adalah produk-produk dengan nama Mesem atau Merapi Sembada dengan produk awalan berbentuk Bubuk Sari Jahe.

“Harapannya, dengan memanfaatkan ikan nila yang hidup dengan mudah di tiap-tiap selokan keluarga, bisa juga memaksimalkan penerimaan Mesem sebagai produk hasil Huntap Dongkelsari,” kata dia.

Anwar Siddiq Ketua RT 02 Huntap Dongkelsari mengatakan dengan pelatihan ini warga dapat menghasilkan produk pengolahan ikan nilai yang tidak hanya berhenti di pengepul dan diharapkan dapat meningkatkan nilai jual dan ekonomi yang lebih tinggi dari sebelumnya. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Dipanggil Teman oleh Bocah Berusia 2 Tahun, Beyonce Kirim Bunga Cantik Ini

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement