Advertisement

KKN 119 UMY Bantu Kembangkan UMKM Tenun Mozaik di Sleman

Media Digital
Jum'at, 19 Februari 2021 - 16:52 WIB
Budi Cahyana
KKN 119 UMY Bantu Kembangkan UMKM Tenun Mozaik di Sleman Kelompok Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Reguler IT 119 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pandemi Covid-19 menghantarkan pada sejumlah masalah sosial hingga ekonomi. Hal ini tak luput pada turunnya produktifitas dan pendapatan UMKM.

Menindaklanjuti masalah tersebut, Kelompok Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Reguler IT 119 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengambil peran untuk memberdayakan mitra UMKM Tenun Mozaik agar semakin maju dan berkembang melalui kegiatan pelatihan digital marketing dan hibah barang untuk semakin meningkatkan produktifitas UMKM serta mendukung kemajuan UMKM.

Advertisement

Pengabdian Skema Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM berbasis IT yang diketuai oleh Dr. Adhianty Nurjanah, S.Sos., M.Si dan beranggotakan Linda Kusumastuti Wardana, S.Pd., M.Sc, Iswanto, Dr., S.T., M.Eng., IPM ini adalah solusi untuk menerapkan pemberdayaan masyarakat meskipun dalam keterbatasan pada saat pandemick sekaligus menjadi bekal untuk mahasiswa menerapkan keilmuannya kepada masyarakat.

“Melalui KKN berbasis IT dan program pengabdian dengan pendekatan IT berupa pemasaran menggunakan Shopee ini nantinya akan memudahkan mitra untuk memasarkan produknya sehingga diharapkan akan semakin mengembangkan kemajuan UMKM Mozaik,” jelas Dr. Adhianty Nurjanah,M.Si

Setelah satu bulan melaksanakan program KKN, kelompok KKN IT 119 pada Kamis, 18 Februari 2021 resmi dilakukan penarikan setelah berjalannya semua program pengabdian yang telah terlaksana. Selain memberikan pelatihan pengelolaan Digital Marketing melalui Instagram dan Shopee, KKN-PPM 119 turut memberikan hibah barang berupa Patung Manekin untuk UMKM Tenun Mozaik sesuai dengan kebutuhan mitra.

Diah Asti Nawangsari selaku pemilik UMKM Tenun Mozaik turut menyampaikan bahwa pelatihan dan pemberian hibah sangat bermanfaat sekali.

“Mahasiswa UMY khususnya kelompok KKN 119 sangat semangat sekali membantu dan memberikan inovasi pada UMKM Mozaik. Saya sekarang sudah punya toko di Shopee semoga kedepannya akan meningkatkan penjualan kembali setelah pandemi”, tambahnya.

Melalui program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) pada KKN IT UMY 119 ini menjadi solusi untuk kemajuan masyarakat agar semakin meningkat pengetahuan dan semakin berdaya yang ditunjukkan dengan UMKM semakin meningkatkan serta peningkatan pemesanan produk. Program pelatihan manajemen organisasi, pelatihan pembukuan, serta pelatihan digital marketing, dan pemberian hibah adalah bentuk solusi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk tetap melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam hal melakukan pengabdian kepada masyarakat. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Sabtu 20 April 2024: Normalisasi Tanjakan Clongop hingga Kuota CPNS

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Peringatan Hari Kartini 21 April: Youtube Rilis Dokumenter Perempuan Kreator

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement