Advertisement

Dosen UMY Tanamkan Kesadaran Merawat Lingkungan kepada Anak-Anak

Media Digital
Senin, 08 Februari 2021 - 05:07 WIB
Budi Cahyana
Dosen UMY Tanamkan Kesadaran Merawat Lingkungan kepada Anak-Anak Logo UMY - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Lilies Setiyartiti, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Kampung Ratmakan, Kelurahan Ngupasan, Kota Jogja.

Kegiatan yang berlangsung pada 14 Agustus 2020 diikuti anak-anak SD berupa lomba menghias tong sampah Untuk merayakan kemerdekaan RI ke 75. Tema lukis tong sampah adalah “Merayakan Kemerdekaan RI ke 75 di Tengah Pandemi Covid-19”. Dalam lomba ini anak-anak disediakan tong sampah dan aneka warna dasar cat yang harus diramu sendiri oleh anak-anak sehingga dapat menghsilkan warna yang bervariasi dan aneka warna warni diaplikasikan oleh para peserta lomba ini.

Advertisement

“Lomba ini di samping untuk memacu kreativitas anak yang gemar melukis atau mewarnai dengan memanfaatkan barang bekas, juga dimaksudkan agar generasi muda dan pelajar serta anak-anak sejak dini memiliki rasa tanggung jawab terhadap persoalan kebersihan lingkungan, sehingga akan meningkatkan minat warga dalam membuang sampah tidak sembarangan,” kata Lilies.

Penilaian dilakukan oleh juri yang juga pelukis dari warga setempat, dengan mempertimbangkan beberapa kriteria antara lain sesuai ketentuan, keindahan, kebersihan dan kesesuain dengan tema. Dari hasil tong sampah hias tersebut memang cukup beraneka ragam, ada yang terlihat sangat menarik, ada juga yang memang terkesan asal jadi saja. Namun, seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa tujuan dari lomba ini adalah menumbuhkan kreatifitas anak. Ke-15 tong sampah hasil lomba ini kemudian ditempatkan di sepanjang jalan atau lorong Kampung KB Ratmakan sebagai tempat sampah bagi warga maupun pengunjung, Pembuatan tong sampah ini diharapkan akan ditiru oleh warga sebagai tempat sampah di rumah masing-masing, sehingga dengan lukisan yang berarna-warni yang ada di sepanjang lorong-lorong warga disamping lingkungan maenjadi bersih dan asri, juga cukup menarik bagi para pengunjung.

Dari 15 kelompok peserta lomba lukis tong sampah, ditentukan 3 juara yang mendapatkan hadiah berupa kuota internet untuk menunjang belajar mereka secara online. Sedangkan peserta lain yang tidak juara diberi kenang-kenangan berupa gantungan kunci produksi warga setempat. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Masyarakat Diminta Bijak Memanajemen Makanan Guna Mengurangi Food Waste

Jogja
| Senin, 30 September 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Serial Shogun Pencetak Sejarah di Emmy Awards

Hiburan
| Minggu, 29 September 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement