Advertisement

KKN UMY Latih Masyarakat Ratmakan Manfaatkan IT untuk Produktivitas

Media Digital
Senin, 25 Januari 2021 - 23:07 WIB
Budi Cahyana
KKN UMY Latih Masyarakat Ratmakan Manfaatkan IT untuk Produktivitas Denah lokasi KKN UMY. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Ratmakan RT 26 RW 07, Ngupasan, Gondomanan, Kota Jogja, melatih Kelompok Wanita Tani memanfaatkan teknologi informasi (IT) dalam meningkatkan produktivitas.

KKN yang dibimbing Mulyono, dosen Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian UMY itu melibatkan 30 anggota Kelompok Wanita Tani.

Advertisement

“Tujuan KKN ini adalah menciptakan personal branding kelompok usaha Sigrak Mitra Karya, memanfaatkan media spsial sebagai sarana promosi dan pemasaran kelompok usaha Sigrak Mitra Karya, menciptakan marketplace kelompok usaha Sigrak Mitra Karya, membantu mengelola keuangan kelompok usaha Sigrak Mitra Karya, meningkatkan pengetahuan pembudidayaan tanaman Kelompok Wanita Tani Matahari, serta mengajak Masyarakat Kampung Ratmakan untuk menjaga lingkungan,” kata Mulyono.

Pengembangan media sosial dilakukan dengan tujuan untuk membantu mitra usaha dan KWT agar dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan media spsial. Program yang akan dilaksanakan yaitu mendampingi mitra menggunakan sosial media sebagai sarana promosi dan pemasaran khususnya kelompok usaha Sigrak Mitra Karya. serta mendampingi kelompok usaha untuk menciptakan marketplace agar membuat usaha kelompok usaha tersebut dapat dijangkau oleh banyak masyarakat.

Tim KKN UMY juga menggelar pelatihan pencatatan dan pembukuan keuangan. Pelatihan ini dilakukan dengan tujuan agar membantu mitra mengetahui pengeluaran dan pemasukan yang ada di dalam kelompok usaha tersebut sehingga kedepannya mereka dapat mengatur keuangan dengan baik.

Pengembangan pemasaran kelompok usaha Sigrak Mitra Karya dilakukan dengan tujuan untuk membantu menaikan daya tarik dan minat konsumen untuk membeli dan menggunakan produk yang dihasilkan oleh kelompok usaha tersebut serta mengembangkan pemasarannya agar lebih luas,program yang akan dilaksanakan yaitu membantu mitra untuk mengelola akun media sosial seperti Instagram dan Facebook yang bisa digunakan sebagai wadah untuk memasarkan produk kelompok usaha tersebut,selain itu membantu melakukan pengambilan foto dan video dalam proses produksi agar dapat di iklankan di media sosial.

Kelompok usaha Sigrak Mita Karya juga dilatih mempromosikan produk kelompok usaha dengan mengiklankan di media sosial maupun mouth to mouth. KKN UMY pun memanfaatkan lahan kosong untuk organisasi sosial KWT

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memanfaatkan lahan lahan atau tempat kosong yang dapat digunakan sebagai tempat untuk membuat pembudidayaan tanaman seperti membuat lorong sayur yang bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar. Selain itu, lahan kosong juga dapat berguna sebagai tempat penanaman bibit sayur ataupun buah yang dapat bermanfaat untuk masyarakat

Terakhir adalah penyuluhan pembudidayaan tanaman atau sayur. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan penyuluhan kepada anggota organisasi sosial KWT maupun semua masyarakat  tentang  pentingnya  pembudidayaan  tanaman  seperti buah atau sayur sehingga dapat berguna untuk kelangsungan hidup masyarakat kampung Ratmakan. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Sambut Pemudik dan Wisatawan Libur Lebaran 2024, Begini Persiapan Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Rela, Ungkapan Some Island tentang Kelam, Ikhlas dan Perpisahan

Hiburan
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement