LP3M UMY Bantu Wujudkan Kampung Ramah Lingkungan di Bantul     

LP3M UMY Bantu Wujudkan Kampung Ramah Lingkungan di Bantul. - Ist.
23 Januari 2021 10:50 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengadian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berkomitmen untuk membantu mewujudkan kampung ramah lingkungan di Bantul. Salah satunya melalui pengabdian masyarakat di Desa Mojolegi dan Salakan, Bantul.

Kepala Divisi Pengabdian Masyarakat LP3M UMY Adhianty Nurjanah menjelaskan  program pengabdian masyarakat kolaborasi bersama Dinas Lingkungan Hidup dengan tema Kampung Ramah Lingkungan di Desa Mojolegi dan Desa Salakan, Bantul bertujuan untuk mewujudkan kampung ramah lingkungan. Salah satunya melalui pemberdayaan Bank Sampah Mojomanis di Mojolegi, Karangtengah, Imogiri. Selain itu di dalamnya ada program kegiatan penghijauan budidaya tanaman buah dan sayur di Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Bersemi.

"Kegiatan ini merupakan bentuk kontriobusi nyata dari LP3M UMY terhadap pemberdayaan masyarakat khususnya di Kabupaten Bantul," katanya kepada Harianjogja.com.

Kegiatan itu juga dihadiri Gatot Supangkat selaku Kepala LP3M UMY, Dyah Mutiarin selaku Kepala Divisi Penelitian LP3M UMY, serta Sriyadi Dosen UMY turut hadir dalam kegiatan FGD pada Desa Mojolegi dan Desa Salakan Bantul.

Adapun realisasi program ini berlangsung secara tatap muka dan saling menyampaikan pendapat dari peserta FGD terkait kendala yang dialami pengelola Bank Sampah Mojomanis dan KSM Bersemi yang kemudian ditanggapi oleh Tim LP3M UMY.

"Kemudian dirancang sebuah program sesuai dengan kebutuhan untuk mewujudkan program Kampung Ramah Lingkungan, baik di Mojolegi maupun di Salakan Bantul," ujarnya.

Dukuh Mojolegi Karangtengah, Imogiri Yasin mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerjasama dari LP3M UMY dan berharap agar Bank Sampah Mojomanis dapat membantu mewujudkan Mojologi menjadi Kampung Ramah Lingkungan.

Selaras dengan yang dinyatakan oleh Yasin, Jumali selaku Dukuh Salakan, Sewon berharap Padukuhan Salakan dapat menjadi Kampung Ramah Lingkungan melalui kegiatan program penghijauan budidaya buah dan sayur dengan bantuan kerjasama dan pendampingan dari LP3M UMY.

Lurah Karangtengah Imogiri Bantul Sugito menyambut baik dan berterima kasih atas kerjasama antara LP3M UMY, Dinas Lingkungan Hidup Bantul dan Pemerintah Desa Karangtengah khususnya terkait dengan pembentukan Mojolegi sebagai Kampung Ramah Lingkungan di Kabupaten Bantul," katanya.

Kegiatan ini dihadiri dan  diikuti dengan antusias oleh pengurus Bank Sampah Mojomanis dan KSM Bersemi Salakan Bantul. "Kegiatan ini  merupakan bentuk kontribusi nyata dari LP3M UMY terhadap pemberdayaan masyarakat khususnya di Kabupaten Bantul. Diharapkan melalui program ini dapat mewujudkan Kampung Ramah Lingkungan di Kabupaten Bantul," ujarnya.