Advertisement

UMY Lakukan Peningkatan Kualitas Layanan Kegiatan Pesantren Pemberdayaan Lansia Mukti Mulia

Media Digital
Rabu, 30 Desember 2020 - 12:47 WIB
Sunartono
UMY Lakukan Peningkatan Kualitas Layanan Kegiatan Pesantren Pemberdayaan Lansia Mukti Mulia UMY Lakukan Peningkatan Kualitas Layanan Kegiatan Pesantren Pemberdayaan Lansia Mukti Mulia. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pemberdayaan masyarakat dengan upaya meningkatkan kualitas layanan pesantren pemberdayaan lansis Mukti Mulia di Bakungan, Wedomartani, Ngemplak, Sleman. Dosen yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Ir. Wahyu Widodo, M.T. dan  Dr. Ir. Sudarja, M.T.

Wahyu Widodo menjelaskan Pesantren Pemberdayaan Lansia (PPL)  Mukti Mulia memiliki anggota sekitar 160 orang, peserta aktif dalam pengabdian ini 23 orang .     

Advertisement

“Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatan kemampuan pengurus dalam hal pembukuan. Kemudian peningkatan kualitas prasarana kegiatan yang berupa halaman ditinjau dari hal drainase air hujan, dan kerataannya. Serta untuk peningkatan kepuasan anggota PPL Mukti Mulia,” terangnya kepada Harianjogja.com

Terkait fasilitas infrastruktur, Sudarja  menambahkan, air hujan diatur dengan suatu sistem drainase yang sederhana. Air hujan yang jatuh di wilayah PPL Mukti Mulia dibagi menjadi dua, yaitu sebagian diarahkan ke resapan dan sebagian dialirkan ke luar halaman.

“Untuk mengalirkan air hujan ke luar halaman digunakan pipa PVC berdiameter 4 inci dilengkapi dengan pipe fitting berupa elbow, dan sock penyambung,” ujarnya.

Sedangkan untuk pengerasan halaman, dipilih pengerasan menggunakan paving block. Paving block dipilih karena memiliki keungulan dibanding cor ataupun aspal. Keunggulan tersebut adalah: harga relatif lebih murah, perawatan mudah, mempunyai daya serap air lebih tinggi, dan mudah diganti. Tipe paving block yang dipilih adalah tipe bata dengan ukuran 21 cm x 10 cm.

“Jenis ini adalah jenis yang paling populer dan sering digunakan di berbagai macam  tempat mulai dari rumah kecil hingga bangunan-bangunan besar. Pemasangan paving block menggunakan model atau pola tulang ikan 45o. Pola ini memiliki kelebihan, yaitu memiliki daya penguncian yang paling baik dibanding pola lainnya,” katanya.

Persiapan lahan dan pemasangan paving block dilakukan oleh tenaga tukang khusus, pembantu tukang, dan bantuan dari masyarakat sekitar, serta disupervisi langsung oleh tim pengabdian dan pengurus PPL Mukti Mulia. Kegiatan pemasangan paving block direkam dalam bentuk video dan diunggah ke YouTube dengan link: https://youtu.be/QRsSXulkqJs.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Hendak Mengambil Ponsel, Warga Sleman Malah Kecemplung Sumur

Sleman
| Jum'at, 26 April 2024, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Dipanggil Teman oleh Bocah Berusia 2 Tahun, Beyonce Kirim Bunga Cantik Ini

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement