Advertisement

UMY Bantu Taman Kanak-Kanak di Pesisir Selatan DIY Berkembang

Media Digital
Selasa, 29 Desember 2020 - 23:17 WIB
Bhekti Suryani
UMY Bantu Taman Kanak-Kanak di Pesisir Selatan DIY Berkembang Pertemuan guru dan siswa di TK ABA Aisyiyah Parangtritis/Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Tim Pengabdian Masyarakat (abdimas) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah melaksanakan kegiatan pembedayaan masyarakat di TK ABA Aisyiyah Parangtritis guna meningkatkan daya saing TK rintisan tersebut, di tengah persaingan dengan TK-TK lainnya yang telah berdiri lebih dahulu di daerah itu.

Tantangan dirasa berat oleh pengurus TK ABA karena animo masyarakat yang belum percaya sepenuhnya kepada sebuah TK swasta yang baru berdiri sehingga murid yang mendaftar pun hanya 6 siswa di tahun pertama pada 2019.

Advertisement

Menurut ketua Tim Abdimas UMY, Dr. Takdir Ali Mukti, permasalahan yang dihadapi TK AKA ini antara lain, kurang jelasnya visi dan misi TK ABA sehingga masyarakat tidak mengetahui apa yang akan diajarkan dalam TK tersebut.

"Selain itu kurangnya fasilitas permainan dan alat peraga pendidikan yang sangat dibutuhkan oleh TK baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan sehingga secara fisik dapat dilihat oleh masyarakat mengenai kesiapan dalam menyelenggarakan pendidikan usia dini ini," kata Takdir Ali Mukti.

Oleh karena itu, menurut Siti Muslikhati, M.Si., selaku anggota tim, solusi yang ditawarkan atas permasalah tersebut adalah, segera dilakukannya upaya perumusan rencana strategis pengembangan TK ABA yang di dalamnya dirumuskan visi dan misi pendidikan yang diselenggarakan dengan visi yang Islami dan sanggup mempersiapkan generasi di Era Industri 5.0.

Selain itu peningkatan dan pengadaaan alat bermain siswa dan alat peraga pendidikan untuk para siswa TK ABA tersebut. Adapun kegiatan digelar November 2020.

Untuk mencapai solusi sebagaimana disebutkan di atas, metode yang akan dilaksanakan oleh tim pengabdian masyarakat ini adalah melalui 3 kegiatan pokok. Yaitu obyektifikasi dalam penyusunan Renstra Pengembangan Anak Usia Dini TK ABA Parangtritis dan penyelenggaraan pendidikannya. FGD, Musyawarah PRM/PRA, Pengelola, Tomas, eksternalisasi berupa focus group discussion bagi pengelola dan terkait; dan, Pengajian PRM/PRA, Masyarakat umum serta internalisasi berupa pembinaan untuk para pelatih pengurus TK ABA, pimpinan cabang Muhammadiyah, dan Aisyiyah.

Hasil luaran dari kegiatan KKN-PPM ini adalah, tahun ke-2 setelah kegiatan abdimas ini, siswa pendaftar naik 86% menjadi 11 anak dari 6 anak pada tahin sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Kirab Pengantin Tebu di Pabrik Gula Madukismo

Bantul
| Selasa, 23 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Berikut Rangkaian Program Pilihan Keluarga Indonesia Paling di Hati, Hanya di MNCTV

Hiburan
| Selasa, 23 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement