Advertisement

UMY Dampingi Mubalig di Girisubo Gunungkidul Hadapi Pandemi

Media Digital
Sabtu, 05 Desember 2020 - 22:37 WIB
Budi Cahyana
UMY Dampingi Mubalig di Girisubo Gunungkidul Hadapi Pandemi Peningkatan Kualitas Muballigh untuk Efektivitas Tabligh di Kecamatan Girisobo, Gunungkidul. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Fahmi Irfanudin, dosen Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengisi Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) dengan kegiatan bertema Peningkatan Kualitas Muballigh untuk Efektivitas Tabligh di Kecamatan Girisobo, Gunungkidul.

Rangkaian kegiatan kebanyakan dilakukan secara online karena menghindari mobilitas di masa pandemi. Kegiatan di Girisubo berlangsung pada 14 Agustus 2020 hingga 28 Agustus 2020. Kegiatan terakhir yaitu silaturrahmi sekaligus penyerahan secara simbolis bantuan dapat dilakukan pada awal November 2020.

Advertisement

“Sasaran tidak langsung dari kegiatan ini yaitu masyarakat Girisubo secara umum yang akan merasakan manfaat peningkatan kapasitas muballigh. Adapun sasaran langsung kegiatan yaitu muballigh di daerah Girisubo yang melakukan serangkaian kegiatan penanggulangan Covid-19 bersama pemerintah dan unsur masyarakat lainnya,” kata Fahmi.

Jumlah peserta yaitu 32 muballigh dan muballigah di Kecamatan Girisubo.

“Kegiatan ditujukan untuk meningkatkan kapasitas atau kemampuan, sekurang-kurangnya pemahaman, para muballigh dalam membantu pemerintah mendampingi masyarakat menghadapi kondisi pandemi Covid-19,” ujar dia.

Kegiatan direncanakan untuk meningkatkan kapasitas muballigh dalam hal dakwah. Pada awalnya kegiatan direncanakan untuk dilakukan secara offline atau tatap muka. Namun, ketika pandemi Covid-19 datang, maka dilakukan koordinasi ulang antara tim dosen dari UMY dengan perwakilan muballigh sekaligus Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Girisubo yaitu Wismanto. Berdasarkan koordinasi tersebut disepakati bahwa kegiatan akan dilakukan dengan sistem pengajaran jarak jauh. Materi yang disampaikan-pun berubah menyesuaikan kondisi.

“Membantu pemerintah mendampingi masyarakat menghadapi Covid-19, tidak jarang para muballigh mendapatkan tantangan. Tantangan tersebut, antara lain kepercayaan masyarakat bawa Covid-19 merupakan konspirasi ataupun upaya untuk menyudutkan kelompok tertentu, keenganan beribadah mengikuti anjuran di masa pandemi karena kesalahpahman akan hukum agama, ataupun muballigh sendiri merasakan kelelahan mental. Berdasarkan hal tersebut, maka materi peningkatan kapabilitas muballigh yaitu peningkatan wawasan keagamaan terkait pandemi, pemahaman hukum agama terkait pandemi, dan tentang kesehatan mental terkait pandemi,” kata dia.

Materi disusun menjadi suatu makalah dan kemudian dibagikan kepada para muballigh lewat perwakilannya pada 14 Agustus 2020 untuk dapat dibaca dan dipahami. Pada 27 Agustus 2020 dilakukan diskusi secara online mengenai materi yang telah dipelajari oleh para peserta. Evaluasi terhadap kegiatan tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan dan pemahaman peserta mengenai wawasan keagamaan terkait pandemi, hukum agama di tengah pandemi, dan kesehatan mental menghadapi pandemi. Peningkatan pengetahuan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan sendiri oleh para muballigh maupun dapat berperan dalam penanganan Covid-19 yang mereka lakukan.

“Walaupun kegiatan dilakukan secara jarak jauh tetapi hasil kegiatan dapat terlihat dari peningkatan kapasitas para muballigh dalam hal wawasan keagamaan, fiqih ibadah, dan kesehatan mental terkait Covid-19. Dapat dikatakan tujuan kegiatan telah tercapai. Selain itu, peserta yaitu para muballigh mengemukakan komentar positif dengan kegiatan ini, menunjukkan bahwa para peserta menerima baik kegiatan ini. Selain itu, bantuan yang diberikan juga akan mendorong muballigh melakukan kegiatan kemasyarakatan khususnya mendampingi masyarakat menghadapi Covid-19,” ujar Fahmi.

Perwakilan muballigh sekaligus Ketua PCM Girisubo, Wismanto, menyampaikan terimakasih kepada tim dosen UMY dan LP3M UMY yang telah menjalankan kegiatan kemasyarakatan di daerahnya khususnya untuk mendukung kegiatan sosial masyarakatnya. Dia berharap kegiatan kemasyarakatan tersebut dapat terus terlaksana. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Dipanggil Teman oleh Bocah Berusia 2 Tahun, Beyonce Kirim Bunga Cantik Ini

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement