Advertisement

UMY Buat Program Pelayanan Remaja Sehat PCNA Bantul

Media Digital
Kamis, 03 Desember 2020 - 16:57 WIB
Budi Cahyana
UMY Buat Program Pelayanan Remaja Sehat PCNA Bantul Tim Pengabdian bersama remaja dan kader Pashmina. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membuat kegiatan di PCNA Bantul dan PRNA Ringingharjo, Bantul. Program tersebut berjudul Peningkatan Kapasitas Kader dalam Pelaksanaan Screening Kesehatan Remaja di Program Pelayanan Remaja Sehat Milik Nasyiatul ‘Aisyiyah (Pashmina) dan berlangsung Oktober 2020.

Menurut Koordinator Program Sri Sumaryani, dosen Jurusan Ilmu Keperawatan FKIK UMY, kegiatan yang diikuti 12 kader Pashmina tersebut memberikan keterampilan cara pengkajian dan hibah alat untuk program Pashmina. Kegiatan diawali dengan pengkajian permasalahan mitra ditemukan adanya permasalahan kurangnya peralatan untuk pelaksanaan program. “Juga kurangnya kemampuan kader dalam menggali informasi pada remaja terutama yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi,” kata Sri Sumaryani.

Advertisement

Berdasarkan kajian awal tersebut, tim pengabdian bersama perwakilan dari PDNA Bantul yaitu Andri Wahyu Rianingsih merumuskan sebuah program yang bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut. Tim pengabdian masyarakat bersama pengurus PDNA Bantul dan PRNA Ringinharjo kemudian menindaklanjuti dengan pelaksanaan kegiatan berupa pelibatan beberapa kader dalam melakukan pengkajian pada remaja di SMP Muhammadiyah Bambanglipuro.

Dilanjutkan dengan diskusi melalui daring yang dilaksanakan pada 31 Oktober 2020 dengan peserta 12 orang, dan pemberian hibah peralatan yang berguna untuk membantu pelaksanaan program Pashmina.

“Mitra menyambut positif dengan adanya program pengabdian masyarakat, terbantu dalam pengadaan peralatan untuk pelaksanaan program Pashmina dan mendapat tambahan wawasan terkait cara melakukan pengkajian pada remaja terutama pengkajian kebutuhan remaja tentang informasi kesehatan reproduksi,” kata Sri. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi dan Harga Tiket Museum Dirgantara Jogja, Cek di Sini

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement