Advertisement

UMY Tingkatkan Kompetensi Santri Panti Asuhan Al Amin di Masa Pandemi

Media Digital
Kamis, 03 Desember 2020 - 15:57 WIB
Budi Cahyana
UMY Tingkatkan Kompetensi Santri Panti Asuhan Al Amin di Masa Pandemi Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) di Panti Asuhan Al Amin Rejowinangun, April 2020. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Wahyudi, dosen Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), meningkatkan kompetensi santri Panti Asuhan Al Amin, Rejowinangun, Jogja, untuk memanfaatkanm aplikasi grafis.

Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) ini berlangsung di Panti Asuhan Al Amin Rejowinangun, April 2020, dan diikuti 20 santri.

Advertisement

“Program Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan memberikan pelatihan dasar pengenalan aplikasi Inkscape dan GIMP. Pelatihan aplikasi grafis Inkspace kepada santri diawali dengan instalasi software di PC. Selanjutnya pelatihan dilakukan dari dasar pembuatan desain huruf sampai dengan desain gambar. Para santri diberi buku tutorial dan file ebook. Dengan bantuan buku tersebut, para santri dapat berkreasi dalam pembuatan kaligrafi, desain poster, spanduk dan lain-lain.

Menurut dia, kegiatan ini dapat membantu santri dalam mengikuti pelajaran sekolah di masa pandemi Covid-19 dan memberi ambahan kompetensi santri di bidang aplikasi grafis.

“Kegiatan peningkatan kompetensi santri  telah dilakukan dengan melibatkan santri dan pengelola panti asuhan. Upgrade dan penambahan fasilitas perangkat telah dilakukan untuk mendukung terlaksananya kegiatan. Para santri dapat menggunakan komputer untuk kegiatan sekolah maupun belajar aplikasi grafis. Materi pembelajaran aplikasi grafis diperoleh dari pelatihan pengenalan dasar, buku dan file ebook. Dampak yang diperoleh para santri adalah kemudahan dalam mengikuti pembelajaran di sekolah dan peningkatan kompetensi dalam aplikasi grafis,” ujar Wahyudi. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Pegagan Berpotensi Memperbaiki Daya Ingat, Guru Besar UGM: Meningkatkan Dopamin

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Lima Kdrama yang Dinanti pada 2025

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 21:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement