Advertisement

Dosen UMY Kembangkan Aplikasi untuk Permudah Pekerjaan Dosen

Media Digital
Kamis, 03 Desember 2020 - 14:47 WIB
Budi Cahyana
Dosen UMY Kembangkan Aplikasi untuk Permudah Pekerjaan Dosen Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UMY yang melibatkan personel Divisi Pengabdian Masyarakat LP3M UMY. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Wahyudi, dosen Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengisi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan kegiatan bertema Peningkatan Kinerja LP3M UMY dalam Pengelolaan Administrasi Pengabdian Masyarakat.

Kegiatan ini berlangsung pada November 2019 sampai dengan Oktober 2020 dan melibatkan 10 personel Divisi Pengabdian Masyarakat LP3M UMY.

Advertisement

“Tujuan kegiatan ini adalah membuat aplikasi untuk mempermudah layanan administrasi pengabdian masyarakat,” ujar Wahyudi.

Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan mengembangkan aplikasi sistem informasi penelitian menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MS SQL.

“Dari proses ini telah dapat diselesaikan aplikasi untuk pengelolaan administrasi pengabdian masyarakat, dimulai dari persiapan skema, pengajuan proposal , review proposal sampai ke penyampaian laporan akhir,” kata dia.

Aplikasi ini mempermudah dosen dalam mengusulkan proposal PKM, mempermudah dosen dalam proses pembuatan SPTB (surat pernyataan tanggungjawab belanja) dan penyampaian laporan PKM, mempermudah pengelola PKM dalam proses administrasi pengajuan dan pelaporan PKM, dan mempermudah penggunaan dan penyimpanan data PKM.

“Pengembangan aplikasi simlitabmas telah dilakukan dengan melibatkan Divisi Pengabdian Masyarakat LP3M UMY dalam perancangan dan implementasinya. Aplikasi dapat diakses melalui https://simlitabmas.umy.ac.id. Fitur aplikasi lengkap mulai dari pengajuan proposal, proses review sampai pengumpulan laporan. Aplikasi ini terintegrasi dengan database di UMY lainnya. Luaran kegiatan ini adalah terbangunnya suatu sistem informasi pengelolaan administrasi pengabdian masyarakat. Dampak yang dirasakan oleh dosen adalah lebih mudah dan cepatnya layanan administrasi pengabdian di UMY. Sedangkan dampaknya bagi LP3M UMY adalah lebih mudahnya pengelolaan administrasi dan data pengabdian dosen,” ucap Wahyudi. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Giliran Jogja! Event Seru Supermusic Superstar Intimate Session Janji Hadirkan Morfem

Hiburan
| Jum'at, 26 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement