UMY Kenalkan Display Matrix P10 untuk Tingkatkan Peluang Kewirausahaan Siswa SMK

Pengabdian UMY di SMK 1 Bantul. - Istimewa
03 Desember 2020 13:17 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Rama Okta Wiyagi, dosen Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengenalkan sistem Display Matrix P10 kepada siswa SMK untuk meningkatkan peluang kewirausahaan.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini berlangsung di SMK 1 Bantul pada 19 Agustus 2020.

“Tujuan kami adalah memberikan pengenalan ide kreatif kepada siswa SMK melalui dengan bentuk tutorial penggunaan sistem display P10 sehingga diharapkan mampu menanamkan jiwa kewirausahaan untuk siswa SMK sejak dini,” kata Rama.

Kegiatan berlangsung dengan merancang sistem display Matrix P10 sederhana untuk dikenalkan kepada siswa SMK 1 Bantul, memudian merancang panduan mengenai bagaimana membangun sistem Display Matrix P10, dan memberikan pengenalan Sistem Display Matrix P10 kepada siswa SMK 1 Bantul dengan metode demonstrasi dan contoh langsung

“SMK 1 Bantul juga menyatakan bahwa program pengabdian masyarakat ini sangat positif dan bermanfaat bagi sekolah dan siswa, terutama untuk memberi bekal kewirausahaan saat sudah lulus,” ujar Rama.

Menurut dia, produk berupa Sistem Display Matrix skala demonstrasi dan panduan yang berjudul “Instalasi Dot Matrix P10” telah terealisasi dengan sesuai dengan perencanaan awal. Selama demonstrasi sistem Display Matrix P10 yang dirancang dapat berjalan dengan baik tanpa mengalami kendala.

“Ditunjang dengan panduan yang sistematis dan informatif, siswa-siswa peserta kegiatan dapat mudah memahami, antusias dan mampu mengikuti kegiatan  dengan lancar. Seluruh siswa yang mengikuti kegiatan menyatakan bahwa kegiatan ini sangat berguna dan sangat menambah wawasan,” ucap Rama. (ADV)