Advertisement

Tim FAI UMY Optimalkan Pemasaran Al Maidah Catering

Media Digital
Senin, 23 November 2020 - 23:57 WIB
Budi Cahyana
Tim FAI UMY Optimalkan Pemasaran Al Maidah Catering Optimalisasi Usaha Rumahan Al Maidah Catering Melalui Pencatatan Laporan Keuangan dan Manajemen Pemasaran. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Tim Pengabdian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang diketuai Syah Amelia Manggala Putri, dan beranggotakan Safaah Restuning Hayati serta Julia Noermawati dari Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam mengisi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan kegiatan bertema Optimalisasi Usaha Rumahan Al Maidah Catering Melalui Pencatatan Laporan Keuangan dan Manajemen Pemasaran.

PKM ini digelar di Al-Maidah Catering Jogja, Jln. Wojo Salakan 2 No.19 Jotawang, Bangunharjo, Sewon, Bantul, DIY, dan diikuti 6 orang dari generasi milenial yang memiliki usaha rumahan Al-Maidah Catering Jogja.

Advertisement

“Tujuan kami adalah memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan pencatatan laporan keuangan sederhana serta pelatihan dan pendampingan strategi manajemen pemasaran usaha rumahan Al-Maidah Catering,” kata Syah Amelia.

Pelaksanaan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan dosen Prodi Ekonomi Syariah FAI UMY bekerja sama dengan LP3M UMY merupakan kegiatan yang dilakukan secara bertahap. Proses kegiatan pengabdian diawali dengan proses survei awal terlebih dahulu oleh Tim pengabdian ke lokasi mitra pengabdian yaitu usaha rumahan Al-Maidah Catering Jogja yang dimiliki oleh Arif dan Ajeng.

 Hal ini dilaksanakan guna mengetahui kondisi, permasalahan yang dihadapi serta potensi dari calon mitra yang dapat dikembangkan. Permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan usaha rumahan Al Maidah Catering adalah belum adanya pencatatan laporan keuangan dan belum adanya penerapan strategi pemasaran yang efektif dan effisien. Tim pengabdian mengajukan solusi atas permasalah tersebut dengan dilakukannya pelatihan dan pendampingan pembuatan laporan keuangan sederhana serta pelatihan dan pendampingan manajemen pemasaran. Target luaran yang akan dicapai beberapa diantaranya adalah mitra pengabdian mampu membuat laporan keuangan serta mampu menerapkan manajemen pemasaran yang efektif dan efisien. Kegiatan dilaksanakan dengan peran aktif mitra pengabdian sampai mitra mampu mengaplikasikan target luaran secara mandiri.

“Hasil dari Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Tim Pengabdian Dosen Prodi Ekonomi Syariah FAI UMY yang bekerjasama dengan LP3M UMY adalah mitra telah mampu membuat pencatatan laporan keuangan sederhana dan menerapkan manajemen pemasaran yang berpengaruh positif terhadap peningkatan penjualan yaitu dengan cara melakukan strategi pemasaran online usaha rumahan Al Maidah Catering melalui IG Ads. Strategi pemasaran melalui IG Ads di masa pandemi covid -19 ini terbukti efektif dan efisien dilakukan. Di akhir pertemuan, Tim Pengabdian memberikan hibah kepada Mitra Pengabdian berupa seperangkat peralatan catering yang dapat menunjang usaha rumahan tersebut,” kata Syah Amelia. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo-Jogja, Berangkat dari Palur Rabu 24 April 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 01:57 WIB

Advertisement

alt

Berikut Rangkaian Program Pilihan Keluarga Indonesia Paling di Hati, Hanya di MNCTV

Hiburan
| Selasa, 23 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement