Advertisement

UMY Tingkatkan Kualitas Ikan dengan Penghematan Listrik

Media Digital
Senin, 23 November 2020 - 18:22 WIB
Budi Cahyana
UMY Tingkatkan Kualitas Ikan dengan Penghematan Listrik Panel surya untuk perairan kolam di Mina Tani Muhammadiyah. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Putri Rachmawati, dosen D3 Teknologi Mesin Program Vokasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengembangan potensi budidaya ikan nila dengan penerapan reknologi tepat guna untuk produktivitas pada kelompok Mina Tani Muhammadiyah Yogyakarta.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) tersebut berlangsung di Lowanu pada 16 September 2020, 20 Oktober 2020, 2 November 2020, dan 21 November 2020 dan diikuti 9-15 orang anggota Kelompok Mina Tani Muhammadiyah.

Advertisement

“Tujuan kami adalah membantu masyarakat khususnya kelompok Mina Tani Muhammdiyah Yogyakarta dalam peningkatan kualitas ikan dalam pembesaran dan penghematan listrik PLN,” kata Putri.

Pada 16 September 2020 dan 20 Oktober 2020, sosialisasi budidaya ikan nila dan pemasangan alat panel surya yang dilaksanakan bersama Rinasa Agistya Anugrah, selaku dosen D3 Teknologi Mesin di kolam Mina Tani Muhammadiyah di Lowanu Jogja. Dalam sosialisasi ini dihadiri oleh pengurus kolam Mina Tani Muhammadiyah.

Materi yang disampaikan bertemakan tentang bagaimana pengembangan potensi budidaya ikan nila dengan tenaga alternatif memanfaatkan tenaga surya sehingga dapat efektif pengeluaran listrik serta penggunaan udara untuk pembesaran ikan nila.

Pada 2 November dan 21 November 2020, digelar penerapan dan aplikasi panel surya untuk perairan kolam di Mina Tani Muhammadiyah. Pada aplikasi panel surya ini menerapkan teknologi tepat guna dalam peningkatan produktivitas proses pembibitan ikan nila. Dalam waktu tiga bulan proses pembesaran sudah mendapatkan panen 2 kali dalam 2 periode pembesaran, sekaligus mendapatkan penghematan biaya listrik PLN karena menggunakan tenaga surya selama 24 jam tanpa henti.

Dalam pemasangan dan sosialisai program, Imawan Wibisana, Ketua Kelompok Mina Tani Muhammdiyah dan Tri Hariyanto, Sekretaris 2 Kelompok Mina Tani Muhammadiyah, berterima kasih kepada LP3M UMY yang sudah memberikan alat yang tepat guna untuk kelompok tani dan sangat mengapresiasi dengan mengadakan alat panel surya sangat membantu dalam efektifitas pembesaran ikan di kolam.

“Kami sangat berharap ke depannya masih tetap bersinergi bersama mengembangkan kelompok Mina Tani Muhammdiyah dengan program lain yang dapat memberikan kemajuan bagi kelompok kami,” kata Imawan. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Kulonprogo
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Rela, Ungkapan Some Island tentang Kelam, Ikhlas dan Perpisahan

Hiburan
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement