Advertisement

UMY Rancang Desain Grafis Arsitektur TK ABA Kembaran dengan Basis Nilai Islam

Media Digital
Sabtu, 21 November 2020 - 14:22 WIB
Budi Cahyana
UMY Rancang Desain Grafis Arsitektur TK ABA Kembaran dengan Basis Nilai Islam Model Partisipasi Berbasis Nilai-nilai Islam pada Perencanaan Desain Grafis Arsitektur di Sekolah TK ABA Kembaran. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Rohmansyah, dosen Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengisi Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) dengan kegiatan bertema Model Partisipasi Berbasis Nilai-nilai Islam pada Perencanaan Desain Grafis Arsitektur di  Sekolah TK ABA Kembaran.

Kegiatan di TK ABA Kembaran, Kasihan, Bantul, pada 25 Desember 2019 ini bertujuan menjalin persaudaraan dan mendekatkan dengan masyarakat serta menyelesaikan pemasalahan yang dialami oleh TK ABA Kembaran sebagai bentuk pengabdian dosen UMY kepada masyarakat

Advertisement

“Kegiatan dilakukan dengan melakukan survei atau observasi ke lapangan untuk mendapatkan gambaran lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat pengabdian. Selain itu, melakukan wawancara dan Forum Group Discussion (FGD), koordinasi dengan pihak TK ABA Kembaran, Pimpinan Ranting Aisyiyah (PRA) dan Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Kembaran Kasihan Bantul,” kata Rohmansyah.

Selanjutnya, Tim UMY membuat perencanaan pembuatan denah, desain arsitektur bangunan TK ABA Kembaran, visualisasi ide dan penetapan desain serta melakukan serah terima desain arsitektur bangunan kepada pihak TK Kembaran Bantul Yogyakarta. Selain itu, desain dibuat dengan memperhatikan aspek nilai-nilai Islam yang di dalamnya sehingga terintegrasi antara ilmu pengetahuan dan agama.

“Model partisipasi yang berbasis nilai-nilai Islam dapat dibagi menjadi beberapa bagian. Pertama, partisipasi yang didasarkan kepada kebutuhan TK ABA Kembaran yang membutuhkan desain grafis pengembangan pendidikan anak usia dini. Kedua, paritipasi yang didasarkan pada doktrin/ landasan agama yang menyuruh manusia menolong masyarakat khususnya TK ABA Kembaran dalam merencanakan pembangunan gedung Islamic-religious dan menginternalisasi nilai-nilai Islam dalam perencanaan area tempat pendidikan TK ABA Kembaran yang aman dan nyaman sebagai lahan tempat bermain anak untuk melatih aspek kognitif dan psikomotorik. Ketiga, partisipasi pengabdian masyarakat dengan memberikan kontribusi pembangunan lembaga pendidikan secara jangka panjang,” papar Rohmansyah. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement