Dosen UMY Adakan Pelatihan Rukti Jenazah Menurut Syariat Islam dan Kesehatan

Pelatihan rukti jenazah menurut syariat Islam dan kesehatan di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. - Istimewa
21 November 2020 14:32 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Seshy Tinartayu, dosen Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan pelatihan rukti jenazah menurut syariat Islam dan kesehatan.

Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) ini berlangsung di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan pada 8 Maret 2020 dan diikuti 32 anggota ‘Aisyiyah Purwomartani Kalasan.

“Tujuan pelatihan adalah emberikan pengetahuan dan keterampilan rukti jenazah menurut syariat Islam dan kesehatan,” kata Seshy

Pelatihan diawali dengan pretest dan diakhiri dengan postest untuk mengukur perubahan pengetahuan peserta tentang rukti jenazah menurut syariat Islam dan kesehatan. Setelah penjelasan tentang rukti jenazah menurut syariat Islam dan kesehatan peserta langsung mempraktekkan rukti jenazah dengan manekin dan alat dan bahan yang telah disiapkan sekaligus diskusi tentang pengalaman dan kesulitan yang dihadapi saat mempraktikkannya.

“Kegiatan serupa untuk menambah pengetahuan dan melatih keterampilan seperti kegiatan tersebut direncanakan kembali dengan tema yang berbeda,” ujar Seshy. (ADV)