Advertisement

UMY Tingkatkan Kualitas Perpustakaan di Serut Palbapang

Media Digital
Sabtu, 21 November 2020 - 14:27 WIB
Budi Cahyana
UMY Tingkatkan Kualitas Perpustakaan di Serut Palbapang Membangun Inovasi Teknologi Berbasis Karangtaruna Sebagai Kader Penggerak di Perpustakaan Jayari Dusun Serut Palbapang Bantul. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Muhammad Heri Zulfiar, dosen Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengisi Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) di Dusun Serut Palbapang Bantul pada Maret sampai dengan Juli 2020 dengan kegiatan bertema Membangun Inovasi Teknologi Berbasis Karangtaruna Sebagai Kader Penggerak di Perpustakaan Jayari Dusun Serut Palbapang Bantul.

Kegiatan ini diikuti delapan orang dari KarangT aruna dan Perpustakaan Jayari.

Advertisement

“Tujuan kami adalah membangun infrastruktur perpustakaan dengan fasilitasi wifi, perangkat komputer dan sistem informasi perpustakaan dan pelatihan pustakawan karang taruna,” kata Muhammad.

Pelaksanaan program  menggunakan metode partisipatif, melakukan koordinasi dengan tokoh masyarakat, pendampingan, pelatihan tutorial (tatap muka) serta pendampingan pelatihan daring (tutorial) berkaitan dengan system informasi perpustakaan.

Karena pandemi Covid-10, pelaksanaan menggunakan metode partisipatif tidak bisa dijalankan secara utuh dan sistematis, maka pelatihan tutorial (tatap muka) serta pendampingan pelatihan dilakukan secara terbatas dan daring.

“Dari proses pendampingan yang dilakukan dan sharing pengalaman dengan warga dapat disimpulkan bahwa transformasi sistem informasi perpustakaan sebagai bagian dari inovasi bagi pemustaka perlu diperkuat dan didesiminasikan di kalangan karang taruna agar tampilan perpustakaan dapat lebih membangun animo pengunjung serta menarik konstituennya. Karang Taruna yang memiliki payung hukum kuat serta berkegiatan sebagai pengelola perpustakaan dusun (perpustakaan komunitas) sudah seharusnya diapresiasi dengan baik, terutama aspek subsidi penganggaran sebagai pemustaka,” ujar Muhammad. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Rela, Ungkapan Some Island tentang Kelam, Ikhlas dan Perpisahan

Hiburan
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement