UMY Latih Remaja Bodeh tentang Reproduksi Sehat

Pemberdayaan Remaja Bodeh sebagai Kader Reproduksi Sehat. - Istimewa
21 November 2020 14:07 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Sri Sundari, dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengisi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Bodeh, Ambarketawang, Gamping, Sleman, dengan kegiatan bertema Pemberdayaan Remaja Bodeh sebagai Kader Reproduksi Sehat.

Kegiatan ini diikuti 30 remaja Bodeh dan bertujuan meningkatkan pengetahuan remaja agar dapat menjadi sumber informasi bagi sesama remaja tentang reproduksi sehat.

“Pelatihan ini diberikan melalui dua metode. Metode pertama dengan memberikan flyer secara langsung yang bisa dipelajari sendiri, metode kedua dengan memberikan pelatihan masing-masing dua kali pertemuan,” kata Sri Sundari.

Menurut dia, untuk bekal pengetahuan remaja Bodeh, UMY akan mengembangkan  akan modul yang dapat dipelajari oleh para remaja secara mandiri sebagai acuan dalam menyebarkan pengetahuan kepada teman sebaya. Sebelum dilakukan intervensi dengan memberikan flyer dan pelatihan, pengetahuan mereka tentang kesehatan reproduksi diukur dengan menggunakan Google form. Setelah intervensi pengetahuan mereka tentang kesehatan reproduksi remaja diukur kembali. Selain itu mereka diminta untuk memberikan masukan terkait pelatihan yang diberikan secara terbuka.

“Tangapan peseta secar umum sangat positif, mereka menganggap bahwa kegiatan seperti ini sangat bermanfaat dan akan lebih back pika kegiatan supertitles ini dilakukan secara teratur untuk menambah pengetahuan mereka,” ujar dia. (ADV)