Advertisement

UMY Tingkatkan Kesadaran Remaja Bangunjiwo Akan Pentingnya Kesehatan Jiwa

Media Digital
Sabtu, 21 November 2020 - 12:07 WIB
Budi Cahyana
UMY Tingkatkan Kesadaran Remaja Bangunjiwo Akan Pentingnya Kesehatan Jiwa Penyuluhan tentang pentingnya kesehatan jiwa yang diadakan UMY. - Istimew

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Imaniar Ranti, dosen Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) menginisiasi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan tema tentang deteksi dini dan pencegahan gangguan depresi pada remaja.

PKM di Karangjati, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, pada 1 November 2020 ini diikuti 45 anggota organisasi remaja Karangjati.

Advertisement

“Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran pada remaja akan pentingnya menjaga kesehatan jiwa dan melakukan deteksi dini adanya gangguan depresi pada remaja,” ujar Imaniar Ranti.

Menurutnya, tema ini sangat penting diberikan untuk meningkatkan kesadaran bagi para remaja agar bisa menjaga kesehatan jiwa selain kesehatan secara fisik, hal ini dikarenakan pada usia remaja akan terjadi perubahan fisik, psikologis, kognitif, dan sosial. Apabila seorang remaja tidak mampu menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut maka bisa mengakibatkan perubahan perilaku, stres yang berlebihan, serta kerap kali menimbulkan gangguan jiwa seperti depresi, penyalahgunaan napza, dan lainnya.

Adapun sasaran kegiatan tersebut adalah Organisasi Remaja Karangjati (Osaka) yang diketuai oleh Lingga. Dalam kegiatan tersebut, Imaniar Ranti dan kedua rekannya Arif Arif Rizqi, dan Hidayatul Kurniawati menyampaikan tiga materi penyuluhan yang berjudul “Menjadi Remaja yang Sehat Jiwa dan Raga”, “Manajemen Stres” dan “Stop Penyalahgunaan NAPZA” yang diunggah melalui kanal Youtube, dilanjutkan dengan diskusi melalui WA group. Kegiatan itu mendapatkan respon yang sangat baik dari para remaja. Mereka antusias dalam mengerjakan quiz yang diberikan di awal dan di akhir kegiatan, mengisi lembar penilaian diri untuk deteksi dini gangguan depresi, serta banyak sekali pertanyaan yang disampaikan dalam forum diskusi tersebut.

“Remaja merupakan generasi penerus bangsa yang harus diperhatikan dan mendapatkan pendampingan agar bisa bertumbuh menjadi generasi yang tangguh dan kreatifm” ujar Imaniar Ranti. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement