Advertisement

UMY Gelar Pelatihan Pengobatan Dasar dalam Rumah Tangga

Media Digital
Sabtu, 21 November 2020 - 11:17 WIB
Budi Cahyana
UMY Gelar Pelatihan Pengobatan Dasar dalam Rumah Tangga Pelatihan pengobatan dasar dalam rumah tangga yang digelar UMY. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Hidayatul Kurniawati, dosen Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan pelatihan pengobatan dasar dalam rumah tangga di Karangjati, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini diikuti para perempuan berusia 20-55 tahun.

“Tujuan kegiatan ini adalah diseminasi informasi dan penguatan pengetahuan kepada para ibu rumah tangga sebagai ujung tombak penanganan pertama masalah kesehatan pada keluarga sebelum menuju tempat pelayanan kesehatan,” kata Hidayatul.

Advertisement

Kegiatan dilakukan secara daring menggunakan grup Whatsapp diikuti oleh 23 peserta. Sebelum mendapatkan materi mengenai Pengobatan Dasar dalam Rumah Tangga oleh Hidayatul Kurniawati dan Penggunaan Obat Herbal dalam Rumah Tangga oleh Imaniar Ranti, peserta mengerjakan soal pretest untuk mengetahui pengetahuan peserta terkait hal tersebut. Setelah mendapatkan pemaparan materi via Youtube, dilaksanakan diskusi. Di akhir kegiatan peserta mengikuti postest untuk mengukur pemahaman peserta terhadap materi yang disampaikan.

“Peserta merasa kegiatan tersebut bermanfaat dan berharap ada kegiatan serupa dengan topik yang berbeda. Kegiatan ini penting untuk memahami pertolongan pertama pada masalah kesehatan dalam keluarga,” ujar Hidayatul. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Rute, Tarif dan Jalur Bus Trans Jogja, Yuk Cek di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Dipanggil Teman oleh Bocah Berusia 2 Tahun, Beyonce Kirim Bunga Cantik Ini

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement