UMY Gelar Pelatihan Pengobatan Dasar dalam Rumah Tangga

Pelatihan pengobatan dasar dalam rumah tangga yang digelar UMY. - Istimewa
21 November 2020 11:17 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Hidayatul Kurniawati, dosen Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan pelatihan pengobatan dasar dalam rumah tangga di Karangjati, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini diikuti para perempuan berusia 20-55 tahun.

“Tujuan kegiatan ini adalah diseminasi informasi dan penguatan pengetahuan kepada para ibu rumah tangga sebagai ujung tombak penanganan pertama masalah kesehatan pada keluarga sebelum menuju tempat pelayanan kesehatan,” kata Hidayatul.

Kegiatan dilakukan secara daring menggunakan grup Whatsapp diikuti oleh 23 peserta. Sebelum mendapatkan materi mengenai Pengobatan Dasar dalam Rumah Tangga oleh Hidayatul Kurniawati dan Penggunaan Obat Herbal dalam Rumah Tangga oleh Imaniar Ranti, peserta mengerjakan soal pretest untuk mengetahui pengetahuan peserta terkait hal tersebut. Setelah mendapatkan pemaparan materi via Youtube, dilaksanakan diskusi. Di akhir kegiatan peserta mengikuti postest untuk mengukur pemahaman peserta terhadap materi yang disampaikan.

“Peserta merasa kegiatan tersebut bermanfaat dan berharap ada kegiatan serupa dengan topik yang berbeda. Kegiatan ini penting untuk memahami pertolongan pertama pada masalah kesehatan dalam keluarga,” ujar Hidayatul. (ADV)