Dosen UMY Dorong Peningkatan Kinerja Guru dengan Teknologi Aplikasi

Pemanfaatan Teknologi Aplikasi Supervisi Akademik untuk Peningkatan Kinerja Guru SMP di SMP Muhammadiyah Kasihan, 25 April 2020. - Istimewa
21 November 2020 09:17 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Akif Khilmiyah, dosen Psikologi Pendidikan Islam (PPI) Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengisi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di SMP Muhammadiyah Kasihan dengan keguatan bertema Pemanfaatan Teknologi Aplikasi Supervisi Akademik untuk Peningkatan Kinerja Guru SMP. 

Kegiatan yang berlangsung pada 25 April 2020 itu diikuti pengawas, kepala sekolah, dan guru senior. “Kami memberi pelatihan pada supervisor untuk melatih keterampilan dalam menggunakan software ASA untuk meningkatkan kinerja guru,” kata Akif.

UMY melatih cara meng-install software ASA pada smartphone, mendampingi  teknis penggunaan software ASA, melatih cara mengolah data dan melatih menafsirkan data dan membuat kegiatan tindak lanjut dari hasil analisis data tersebut. Aplikasi ini memasukkan instrumen penilaian supervisi  dalam format digital, menggunakan  smartphone atau gadget, sehingga  supervisor dapat dimudahkan dalam melakukan supervisi. Perhitungan angka sudah berjalan secara otomatis, supervisor memiliki data kepengawasan dalam format digital, yang sewaktu-waktu dapat dibuka kembali atau dicetak sebagai laporan kinerja guru. Guru akan cepat membenahi kinerjanya sesuai dengan hasil penilaian supervisor. 

“Kepala sekolah dan pengawas merasa senang, karena terbantu dalam supervisi akademiknya dengan menggunakan software ASA dapat mempermudah melakukan supervisi akademik pada guru, selanjutnya bisa meningkatkan kinerja guru. Sementara, kemampuan supervisor dalam menggunakan Aplikasi Supervisi Akademik  naik 90% dirasakan oleh seluruh peserta pelatihan dan dapat mempermudah dalam menjalankan tugas supervisi. Kinerja guru naik 20% setelah disupervisi dengan aplikasi ASA,” ujar Akif. (ADV)