Dosen UMY Dorong Kemandirian Ekonomi AMM Bangunjiwo

Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) di Gedung PRM Bangunjiwo Barat, Kalirandu, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. - Istimewa
19 November 2020 17:32 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Puspita Dewi Wulaningrum, dosen D3 Akuntansi Program Vokasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengisi Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) dengan kegiatan bertema Manajemen Branding dan Tata Kelola Keuangan pada Unit Usaha Angkatan Muda Muhammadiyah Ranting Bangunjiwo.

Pengabdian ini berlangsung di Gedung PRM Bangunjiwo Barat, Kalirandu, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, pada Juli sampai Oktober 2020, dan diikuti 5-15 anggota Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Ranting Bangunjiwo.

“Tujuan kegiatan ini adalah memfasilitasi dan mendampingi AMM Bangunjiwo dalam pendirian unit usaha yang berdaya jual dan berdaya saing agar kelak AMM Bangunjiwo menjadi salah satu organisasi otonom Muhammadiyah yang memiliki kemandirian ekonomi,” kata Puspita melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Setelah analisis hasil observasi lapangan dan diskusi bersama, usaha yang dipilih untuk didirikan adalah usaha warung jus yang diberi nama Arena Juice. Pengelolaan awal Arena Juice diawali pada aspek produksi berupa pelaksanaan research and development untuk menemukan resep paten jus dan olahan buah. Langkah selanjutnya dilakukan pada aspek pemasaran dengan menyiapkan branding awal pada tampilan warung seperti penentuan nama dan logo produk, wallpaper dinding, cup berlogo, stand banner, dan etalase buah. Tahap terakhir adalah pada aspek manajemen usaha, AMM Bangunjiwo dibekali pengetahuan serta teknis perhitungan HPP dan pencatatan keuangan dengan menggunakan Microsoft Excel.

“Pengabdian ini masih perlu diteruskan, baik perbaikan dalam aspek produksi, pemasaran, maupun manajemen usaha guna menjaga keberlangsungan usaha dan meningkatkan profit usaha,” ujar Puspita. (ADV)