Dosen Teknik Elektro UMY Kembangkan Integrasi Jaringan Listrik untuk Kelompok Ternak

Hasil Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UMYY di Pirak Mertosutan, Sidoluhur, Godean, Sleman. - Istimewa
11 November 2020 12:12 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Anna Nur Nazilah Chamim, Dosen Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), mengisi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan kegiatan bertema Implementasi Sistem Kontrol Integrasi Jaringan Listrik PLN dan Solar Home System pada Kelompok Ternak Kambing PE Marsudi Luhur.

PKM tersebut berlangsung di Pirak Mertosutan, Sidoluhur, Godean, Maret-Juni 2020, dan melibatkan 40 anggota  Kelompok Ternak Marsudi Luhur. “Tujuan kegiatan ini adalah membuat dan mengimplementasikan alat ATS (Automatic Transfer Switch),” ujar Annna melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Di Dusun Pirak Mertosutan terdapat kompleks peternakan kambing dengan luas sekitar 600 m2. Penerangan di kompleks tersebut berasal dari PLN (Perusahaan Listrik Negara) dan Solar Home System/PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya). PLTS menjadi sumber energi utama bagi penerangan, sedangkan PLN menjadi sumber energi sekunder yang menggantikan ketika supply daya dari PLTS mati. Selama ini, pemindahan dari PLTS ke PLN dilakukan oleh manusia. Hal ini dirasa kurang efisien karena supply PLTS tidak selalu mati pada siang hari, tapi juga pada malam hari, sehingga petugas yang memindahkan kesulitan harus menuju ke kompleks kandang yang lokasinya berada relatif jauh dari pemukiman warga.

“Untuk memudahkan perpindahan sumber energi dari PLTS ke PLN dan sebaliknya, dan tak perlu dilakukan oleh petugas, maka perlu dipasang suatu alat pemindah kedua sumber secara otomatis. Alat tersebut yaitu Automatic Transfer Switch (ATS). Alat ini mampu memindahkan supply energi dari PLTS ke PLN maupun sebaliknya. Dengan mempertimbangkan spesifikasi yang digunakan pada PLTS di kompleks peternakan tersebut,  maka ATS dibuat kemudian dipasang di kompleks peternakan. Setelah dilakukan pemasangan kemudian dilakukan uji coba fungsionalnya. Hasil dari pengujian pemasangan ATS diperoleh bahwa ATS mampu bekerja sesuai rancangan, memindahkan supply daya dari PLTS ke PLN dan sebaliknya secara otomatis. 

“Alat ATS yang diimplementasikan di kompleks kandang mampu bekerja dengan baik sesuai rancangan. Alat ini dapat membantu kelompok ternak terkait pemindahan jalur sumber energi dari PLTS ke PLN dan sebaliknya secara otomatis, tidak perlu lagi dilakukan oleh petugas,” ujar Anna.

Agus Budiyono, wakil dari kelompok ternak, menyatakan sangat berterima kasih dan berharap alat dapat bermanfaat serta terus terjalin kerja sama dengan UMY melalui program pengabdian kepada masyarakat. (ADV)