PKM UMY Tingkatkan Keselamatan Pengguna Jalan di Kanggotan Bantul

Pagar pembatas jalan di Dusun Kanggotan, Pleret, Bantul. - Istimewa
11 November 2020 11:47 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Jazaul Ikhsan, dosen Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengisi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Dusun Kanggotan, Pleret, Bantul dengan kegiatan bertema Peningkatan Keselamatan Pengguna Jalan di Dusun Kanggotan.

Dalam pengabdian yang berlangsung pada 21-23 Maret dan 15-16 April 2020 serta melibatkan 30 warga Dusun Kanggotan tersebut, Jazaul membuat pagar batas jalan agar keselamatan pengguna meningkat.

Sebelum melaksanakan kegiatan tersebut, dilakukan koordinasi yang melibatkan Dukuh Kanggotan, Ketua RW 06 Kanggotan dan Koordinator Pengembangan Sarpras Dusun Kanggotan. Rapat ini dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2020, jam 20.00-23.00 WIB.

Selanjutnya dilakukan dengan pengadaan material pipa baja sebagai bahan untuk pembuat batas jalan. Pembelian pipa baja dilakukan di Toko Besi dan Baja di Jalan Imogiri Timur KM 7, Pleret, Bantul. Pembelian dilakukan pada tanggal 21 Maret 2020.Setelah bahan material siap dan tenaga kerja siap, maka tahapan selanjutnya adalah pemasangan pipa baja tersebut sebagai pembatas jalan. Metode kerja pemasangan dilakukan dengan kerja bakti oleh warga Dusun Kanggotan RW 06 dan dilaksanakan pada tanggal 22-23 Maret 2020. Pelaksanaan pemasangan dilanjutkan lagi 15-16 April 2020, dikarenakan kehabisan material pipa baja dan harus melakukan indent. Hasil kegiatan pengabdian berhasil memasang pagar sepanjang 300 m dan menghabiskan pipa baja sebanyak 105 potong dengan diameter 1,5.

“Dusun Kanggotan terletak di pinggir Sungai Gadjah Wong yang bermuara di Sungai Opak. Jaringan jalan di Dusun Kanggotan relatif sudah baik, meskipun ada lokasi terutama lahan di pinggir sungai yang belum mendapat akses jalan. Oleh sebab itu, warga Dusun Kanggotan dengan didukung pemerintah Desa Pleret membuat jalan di sepanjang pinggiran Sungai Gadjah Wong. Keberadaan jalan ini sangat strategis dan membantu pergerakan moda perjalanan warga Dusun Kanggotan dan juga warga Desa Pleret. Jalan baru ini menghubungkan jalan protokol yang sudah ada dengan tempat wisata “Banyu Kencono”,” kata Jazaul melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Sejak dibuka untuk jalan umum, jalan baru ini cukup banyak warga yang melintas menggunakan jalan ini. Lebar jalan 3 meter dengan panjang 700 m dan menggunakan lapis perkerasan kaku (cor blok).  Pembangunan jalan dimulai sejak tahun 2018 sampai dengan sekarang dengan sistem kerja bakti. Pembiayaan untuk pembangunan jalan tersebut menggunakan dana desa dan donatur. Perkembangan pembangunan sampai sekarang telah menyelesaikan perkerasan sepanjang 500 m, sedangkan 200 m sisanya masih berupa jalan tanah yang belum rata.

Wazir Nuri Kepala Dusun Kanggotan mengatakan PKM ini sangat membantu dalam mengantisipasi terjadinya kecelakaan pengguna jalan, sehingga pengguna jalan lebih aman. (ADV)